Pengikut

Minggu, 06 Februari 2022

BEDAH BUKU SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL SMK

 


        KELAS INFORMASTIKA BERSAMA KOGTIK PGRI

Nama                : Lilis Ernawati

Pertemuan        :    4
Waktu              :  Sabtu, 4 Februari 2022 
Pukul                : 13 wib s.d selesai
Moderator        : Bapak Eko
Narasumber     : Bapak Pebi Pebriadi
Judul                : kelas Informatika untuk SMK




Mengisi waktu di hari sabtu, walau cuaca mendung mendayu dayu

Namun aku tetap semangat mencari ilmu

agar tidak ketinggalan oleh perkembangan waktu

Alhamdulillah kegiatanpun dimulai, dan dibuka oleh Pak Eko dengan gaya bicara jawanya yang medok banget. seperti halnya kegiatan lainnya, acara ini dibagi dalam 3 sesi yaitu

1. pembukaan

2. Pemaparan buku

3. Penutup

Pembukaan diisi dengan doa dan pengenalan profil narasumber. 

Narasumber bernama Pak Pebi Pebriadi pengarang buku Simulasi  Dan Komunikasi Digital untuk SMK Mengajar di SMK 2 Tasikmalaya jurusan komputer jaringan, penggiat Robotik dan ahli Microcontroler sekaligus dosen di Unsil Tasikmalaya.


JUDUL BUKU : SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL UNTUK  SMK

DAFTAR ISI 

BAB 1  KONSEP DASAR INFORMATIKA

Materi ini bisa kita terangkan  dengan mudah kepada anak-anak baik menggunakan infokus  maupun tidak. isinya meliputi :

a. Logika dan Informatika

*    Mengenai logika, 

*    apa itu logika, 

*    apa itu algoritma berisi langkah-langkah misalnya algoritma membuat kopi, layangan dll

*    proposisi pernyataan benar atau salah dengan logika

*    bisa lebih komplek dengan logika informatika dengan penggunaan konjungsi, disjungsi, and, or, dll

*     flowchat membuat kopi, menambahkan dua buah bilangan hingga kita terbiasa untuk             menggunakan   flowchat itu untuk menyelesaikan masalah jadi ini merupakan dasar informatika

b. Peta Minda

konsep dari suatu masalah bisa menggunakan aplikasi mind maps yang sekarang banyak digunakan di perusahaan-perusahaan besar.


BAB 2 PENGELOLAAN INFORMASI DIGITAL

a. Mengetik 10 Jari 

Di dalamnya terdapat layout qwerty  yang harus hapal di luar kepala. misalnya jari kelingking di A, biasa dijadikan games siapa yang lebih dulu 

b. Perangkat Lunak Pengolah Kata

yang terpenting di sini mereka dalam mengetik 10 jari di word dengan format yang sesuai sehingga rapi laporannya, mulai pengaturan spasi, paragraf, batas kiri dan kanan, membuat daftar isi otomatis, 

c. Perangkat Lunak Pengolah angka

ini menggunakan excel yang paling dasar mengenai sum, mid, average, penampil type-type, kode, dan konsep makro

d. Perangkat lunak pengolah  Presentasi

diterangkan bagaimana cara presentasi yang baik dan menarik

e. Buku Digital

jadi disini belajar membuat buku digital bisa berbasis web


   BAB 3 KOMUNIKASI DAN KOLABORASI DALAM JARINGAN

    a. Kewargaan Digital

Bagaimana seorang siswa sebagai user yang baik harus menerapkan mengenai konsep kewargaan  digital, diterangkan juga  komunikasi antara dua orang, jika saya berbicara anda mengerti dan sebaliknya. 

Diterangkan juga sebagai pelajar warga digital Lingkungan digital, lingkungan belajar memanfaatkan ict, etika digital, update digital, komunikasi digital, sehingga siswa punya filter dalam berselancar di internet. selain itu merekapun dibelajari tentang kegiatan   plagiat yang tidak boleh dilakukan

b. Internet Safety

Menerangkan mengenai cara membuat pasword yang kuat, tentang berita hoaks, hal ini sangat penting agar siswa bisa mengenal informasi yang hoaks dan tidak hoaks

c. Virus Komputer

Di materi ini, diterangkan tentang jenis-jenis virus diantaranya adalah virus bom, virus frozan, virus blackbord, virus it, skywerd,  polimorti virus dan metamorti virus sehingga  mereka  mengetahui  taraf krisis dari tiap virus, ada yg topup virus dan duplicat virus

d, Creative Commons

Menjelaskan tentang hak cipta. sehingga peserta didik tidak begitu saja menggunakan dan mengakui suatu penemuan

e. Teknik Penelusuran Search Engine

Agar siswa bisa dengan cepat mencari informasi ada yang memakai and, or, bintang, kutip

siswa diajak mengenal kelas maya yaitu google chek out dan games menggunakan kahoot. selain siswa, untuk guru juga bisa digunakan untuk membuat soal-soal 

BAB 4 VISUALISASI KONSEP

a. Pasca Produksi

b. Sinopsis, Naskah dan Storyboard

c. Memproduksi Video, Musik Digital

d. Alur Proses Pembuatan Video

e. Pra Produksi

Materi Bab 4 Ini lebih ke arah seni kalau di SMA mungkin ada jurusan boardcasting. bisa menggunakan softwarenya yang paling kecil backpaker  hingga yang premier  sony vega, dan  saat ini software-software  berbasis android malah lebih cocok, bisa gunakan late juga. Selain itu  ada ilmu cara mengambil gambar video seperti   sub in, sub on, dsb. 

Di buku SIMDIK SMK ini semua ada materinya. 

Jadi menurut Pak Eko, bahwa setiap guru saat ini sangat memerlukan materi video editing. Karena membutuhkan untuk membuat ptk dll. 

Selanjutnya ada sesi tanya jawab.

Dan saya diberi kesempatan bertanya, sehubungan dengan fasilitas di sekolah saya yang masih sangat kurang, sementara materi pembelajaran sudah sangat tinggi. Bagaimana cara mengatasinya?

Jawabannya, "Akhirnya kita alihkan ke yang online yaitu google drive, visit dan google. Namun permasalahannya kembali ke kuota. Namun jika memang sarana prasarana tidak memungkinkan dalam pemetaan di lapangannya yah sekemampuan kondisi di lapangan saja. Misalnya pembelajaran story board, bisa menggunakan kertas saja dulu misalnya tentang hobby. "

Pak Eko juga menambahkan dengan pengalaman beliau dalam memotivasi teman-teman, karena memang saat ini pembelajaran TIK di silabus RPP nya lumayan berat.  Karena mereka berpikir prakarya lebih mudah dibandingkan TIK.

Selanjutnya Pak Ari dari Bekasi menanyakan bisa tidak skill anak-anak dalam pembelajaran di sesuaikan dengan kondisi saat ini agar anak-anak bisa mengerjakan tugas cukup dengan HP saja, tanpa menggunakan laptop.

jawabannya, " Bisa saja, namun kembali lagi ke fasilitas yang harus dimiliki oleh pengajar maupun peserta didik, jika memang menggunakan smartphone maka harus smartphone yang bisa masuk file-file seperti WPS dll, sehingga jika ada siswa yang tidak memiliki laptop, tetap bisa mengerjakan. 

Praktek Membuat Soal Menggunakan Kahoot

Kelebihannya ada musik, tampilan menarik warna warni, dan ada gamesnya juga. Dan setiap pertanyaan bisa kita gunakan batas waktu.

1. Ketik Kahoot.id pinnya 04677156 enter

2. lalu tuliskan nomer kemudian keluar soalnya dan silakan jawab

Cara membuat soal

1. kahoot.com

2. Login

3. lalu kita pilih teacher

4. Pilih school

5. pilih individual. kalau team buat di kelas

6. pilih yang free

7. continue for free

8.ada tanda plus di atas kanan, pilih tanda plus biru atau pilih create

9. waktunya tinggal pilih misal 10 second 

10. jawabannya satu pilih single select

Alhamdulillah Pak Feby dengan tangan terbuka siap mengajari bapak dan ibu guru dalam pembelajaran TIK. Makasih Pak Feby, semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan sehingga kemampuan guru-gurunya semakin meningkat.

Dan alhamdulillah acarapun selesai, Pak Eko selaku moderator menutupnya dengan doa.



2 komentar:

fiorentia viviane lesmana