Pengikut

Sabtu, 02 April 2022

5. PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN

Nama             : Lilis Ernawati
Pertemuan     : 5
Waktu            : Jumat, 1 April 2022
Pukul              : 13.30 sampai dengan selesai
Judul                : Pemanfaatan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran
Moderator       : Ibu Lilis Ernawati
Narasumber     : Ibu Ely Marlina, S.Pd















Cara Daftar Quizizz
1. Ketikkan quizizz di google atau di browser



Jumat, 01 April 2022

1. DILEPAS DI KEBUN JUGA HIDUP

 

DILEPAS DI KEBUN JUGA HIDUP

oleh Lilis Ernawati, M.Pd

 


“Santi sini Nak, duduk dekat Ibu, “Panggil Ibu. Aku menghampiri Ibu, sambil bertanya-tanya dalam hati. Karena tumbenan Ibu memanggilku seperti itu. Serius sekali.

“Besok ikut Paman Soma ke Jakarta yah, kamu tinggal di rumah paman, sambil mencari lowongan pekerjaan, siapa tahu ada yang bisa menerima kamu, “Kata Ibu memohon.

Aku diam saja, tak memberi jawaban. Karena sebenarnya aku ingin kuliah. Tapi aku sadar, jika kemampuan Ibuku tidak memungkinkan.

“Ibu tidak sanggup membiayai kamu kuliah Nak, Ibu doakan suatu hari nanti kamu ada rejeki bisa kuliah sesuai dengan keinginan kamu, “Kata Ibu lagi, sepertinya Ibu mengerti apa yang bergejolak dalam benakku.

“Baiklah Bu, Santi beres-beres dulu, “Jawabku singkat sambil pergi ke kamar.

Kubuka lemariku dan kupilih bajuku satu demi satu yang sekiranya masih layak dipakai. Aku jarang sekali membeli baju, makanya sedikit sekali baju yang aku miliki. Lagipula keseharianku lebih banyak di sekolah dan pramuka sehingga aku gak terlalu perlu banyak pakaian bebas. Paling kalau di rumah pakai baju santai, yah baju olahraga sekolah atau baju tidur.

Haripun beranjak malam akan tetapi  aku tidak  bisa tidur. Kubuka komputerku dan kumulai mengetik apa yang menjadi uneg-uneg hatiku. Kemudian kuambil buku, kutulis sebuah surat yang aku tujukan kepada guruku, Pak Susilo. Beliau adalah guru matematika yang baik. Selama ini hubungan kami sangat dekat. Pak Susilo kadang suka mengantarku pulang. Namun takada apa-apa diantara kami, selain hubungan antara murid dan guru saja.

Namun aku tahu jika Pak Susilo menaruh hati kepadaku sejak kelas 10. Pak Susilo adalah bujangan yang sudah cukup umur di sekolah. Beliau tipe laki-laki yang baik, akan tetapi kaku terhadap perempuan. Namun entah mengapa, beliau dekat denganku.

Dalam benakku, daripada aku berangkat ke Jakarta, lebih baik aku menanyakan keseriusan Pak Susilo kepadaku. Sehingga aku tidak harus menumpang di rumah saudara, mencari kerja dan lain-lain. Cukup menjadi seorang istri yang baik dan diam di rumah, tak mengapa.

Anganku semakin kacau. Dan airmataku tak terasa menetes di pipi. Aku merasa iri pada teman-temanku yang bisa kuliah dan hidup mapan serta bahagia bersama keluarganya. Sementara aku, hidup serba kekurangan dengan ibu dan adik-adikku.

Namun herannya, teman-teman takada yang percaya jika aku hidup sengsara dan kurang kasih kasih sayang. Karena saat bersama teman-teman aku jarang terlihat murung apalagi bersedih. Aku dikenal sebagai cewek yang periang, disiplin dan sangat aktif di sekolah. Takada yang tahu jika semua itu hanya pelampiasan dari kesedihanku saja.

Malampun semakin larut. Mataku sudah mulai perih dan mulutkupun menguap berkali-kali. Kurebahkan badanku di pembaringan, setelah itu aku tak sadarkan diri.

                                                                                                                                         

                                                                                                                bersambung.........

Kamis, 31 Maret 2022

29. BLOG SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN

 



Menurut Mayor Nani  menulis di blog seperti kita menulis dibuku catatan kita. Berbeda namun memiliki manfaat yang sama yaitu mengabadikan buah pikiran kita sendiri maupun pelajaran yang kita dapatkan dari sumber lain. Sumber lain itu dapat berupa buku, digital book, pengalaman orang lain maupun ilmu yang kita dapatkan dari guru kita, ketika kita masih belajar di bangku sekolah maupun kuliah.

Saat ini blog bukanlah sesuatu yang baru karena hampir setiap orang mengenal tentang blog. Bahkan bertahun-tahun yang lalu para penulis juga kaum akademia menggunakan blog untuk mengekspresikan ide, pengalaman dan ilmu yang di dapatkannya. Bagi saya blog sangat membantu mengingat kejadian-kejadian yang menarik perhatian saya baik dimasa lampau atau saat ini.

menulis di Blog asik, bisa ekspresikan diri. kalau di buku catatan hilang bahkan terbuang

Masa lampau dengan dibantu dokumentasi berupa foto-foto akan mudah mengemasnya kembali menjadi sebuah cerita true story. Sedangkan kejadian dimasa kini akan lebih mudah dituliskan di blog karena ingatan kita masih fresh.

Mayor Nani menyarankan jika kita melihat kejadian yang menarik perhatian, maka segera tulislah di blog. Ketika hendak menulis, tidak selalu menggunakan laptop atau komputer, namun HP dapat membantu kita untuk menuliskan poin-point singkat tentang kejadian atau pengalaman yang menarik untuk diceritakan. Setelah memiliki waktu luang barulah kita dapat menuliskannya. Bagaimana jika kita benar-benar sibuk dan tidak ada waktu menuliskan poin-poin tersebut menjadi karya yang dapat dinikmati sendiri maupun orang lain?Dan bagaimana jika tiba-tiba tidak ada mood untuk menuliskannya? 

Menurut Mayor Nani jika kendalanya sibuk maka berusaha untuk meluangkan waktu untuk menuliskannya walau hanya penjelasan satu poin saja. Kemudian dikesempatan berikutnya menulis 1 (satu) poin lagi.

Menulis tidak dapat kita lakukan ketika kita sedang mengendarai mobil dan kita berada di belakang kemudi. Akan berbeda jika menjadi penumpang maka akan lebih mudah menuliskannya di Hp selama perjalanan bekerja atau pulang. Draf tulisan pasti masih kasar, biarkan saja, yang terpenting poin-poin itu sudah ada deskripsinya. Ketika ada waktu barulah dibaca kembali untuk menyempurnakan tulisan tersebut.

Blog dapat menjadi sarana belajar, terutama belajar writing. Bagaimana menyusun kalimat yang benar dan menarik hingga menjadi paragraf per paragraf yang memiliki makna. Sebagai guru, blog dapat menjadi salah satu alternatif di dalam mengajar.

Beberapa guru dapat menggunakan google form, whatsApp atau media lain namun jika media tersebut dapat saling melengkapi akan lebih bagus. Blog dapat menjadi suatu pilihan sebagai media pembelajaran.

Bagi guru blog bisa sebagai media pembelajaran bagi dirinya sendiri dengan menuliskan inovasi di dalam mengajar baik berupa teknik mengajar maupun materi ajaran.Walau sebenarnya dapat di simpan di flash disk atau laptop. Kekurangannya jika laptop atau flasdisk terkena virus maka akan sangat riskan hilangnya materi ajaran.

Blog adalah salah satu media aman untuk menyimpan materi pelajaran kita karena tidak akan terkena virus. Yang terpenting tidak lupa nama blog dan password-nya. Jika lupa password masih bisa dipulihkan melalui email atau no Hp kita. Karena blog bersifat umum atau dapat dibaca orang lain, sebaiknya kita pandai memilih materi mana yang boleh dibaca orang lain. Jika guru memiliki soal-soal dan dianggap masih bersifat konfidensial atau rahasia, sebaiknya jangan disimpan di blog. Ketika mengajar,  gunakan blog untuk mengirimkan tugas-tugas ke siswa dan minta mereka menjawab di blog mereka dan mengirimkan linknya ke group. Kemudian  siswa wajib  berkunjung ke blog teman-temannya minimal dua blog.

Dalam bahasa Inggris, writing termasuk salah satu skill yang tersulit karena budaya menulis masih di dominasi kaum akademia atau pegiat literasi. Untuk siswa dengan level bahasa Inggris elementary,  biasanya memberikan topik umum dan memberikan contoh cara mendeskripsikan topik tersebut. Untuk membantu mengerti gunakan google translate. Bagi yang benar-benar level begginer minta mereka membuat kalimat dalam bahasa Indonesia dengan berpedoman SPOK (Subyek, Predikat, Obyek dan Kata keterangan), baru mereka terjemahkan dengan google translate untuk mengetahui bahasa Inggrisnya. Mereka belajar menganalisa tulisan mereka sendiri juga memperhatikan kalimat bahasa Indonesia dan bahasa Inggrisnya.

Bagaimana dengan siswa SD atau SMP? Menurut saya mereka bisa memiliki blog namun dengan bantuan orang tua atau kakak-kakaknya yang mengerti blog dengan segala etika bersosial media.Jika perlu yang mengetahui passwordnya hanya orang tua atau kakak-kakaknya yang dapat diandalkan. Walau blog milik pribadi namun konten yang di tulis khusus untuk belajar atau menyampaikan pendapat yang tidak menyinggung siapapun.

Ibu Guru SD atau SMP yang pandai IT bisa membantu mereka dengan bertatap muka via daring atau bertemu langsung dengan para orang tua dan mengajarkannya cara membuat blog dengan etika bersosial media. Guru bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dapat menggunakan blog untuk mengajarkan reading dan writing. Jika speaking dapat melalui zoom atau whatsApp call. Penggunaan blog sebagai sarana pembelajaran adalah salah satu alat untuk mengajar atau belajar. Silakan menggunakan media yang dianggap mudah untuk meningkatkan ilmu dengan berbagai kebaikan dengan murid-murid, sahabat atau orang lain. Media yang sulit perlu dipelajari dan di taklukkan jika memang media tersebut akan banyak memberikan manfaat. Jika dianggap tidak memiliki manfaat, sebaiknya ditinggalkan.  

https://wp.me/pc52tJ-17d

Tanya Jawab

1. Ibu Maria  Jakarta. 

Pertanyaannya :

  • Bagaimana agar tulisan yang dimuat di blog itu dikunjungi banyak pembaca? 
  • bagaimana Ibu memulai karya di blog itu sehingga bisa bertahan seperti saat ini?
  • Menjadi narasumber tidaklah mudah. Bagi dong, Ibu tipsnya. Biar saya juga bisa membaginya kepada keluarga , teman sejawat dan siswa saya
  • Bagaimana memulai tulisan berdasarkan foto?

Jawabannya :

  •  Agar tulisan di blog kita banyak dikunjungi, seringlah share link ke group belajar lain, teman-teman atau keluarga yang kita anggap mereka akan menyukai topik yang ada di blog kita.Bagi saya, sy tidak begitu memperdulikan blog saya akan dibaca atau tidak, yang terpenting saya sharing untuk berbagi ilmu,. Jika banyak yang membaca dan berikan komen, sungguh menjadikan suatu kebahagiaan tersendiri. Jika tidak, juga tidak mengapa. Karena sahabat atau keluarga kita pasti memiliki kesibukan yang lain.
  • Untuk terus bertahan menulis di blog tidaklah mudah. Saya salut dengan Om Jay dengan berbagai kesibukan terus menulis di blog mana saja, baik kompasiana atau yang lain.
  • Saya pribadi sesekali saya menulis di blog untuk saat ini, namun Saya masih terus menulis untuk membuat buku Solo ke-4,. ada beberapa yang saya tulis di blog dan saya share, Ada juga yang tidak saya share. menulis setiap hari...lalu lihat apa yang terjadi
  • Menurut saya menjadi Nara sumber tidak susah. Yang terpenting kita menguasai materinya,. Biasanya topik yang diberikan kita dapatkan beberapa hari sebelumnya atau 1hari sebelumnya. Banyak referensi dari internet untuk membantu kita. Dan ketika kita mulai sharing ilmu, kita mesti tahu siapa audience-nya.
  •  Memulai menulis berdasarkan foto lebih mudah, karena imajinasi kita masuk ke dalam peristiwa foto tersebut, biasanya mengenang momen yang sangat menyentuh hati saya, bisa gembira, bisa sedih atau rasa iba

2.  Bu Siti Rohani ,  SMP Negeri I Kalirejo Lampung Tengah . 

Pertanyaannya :

  • Bagaimana trik supaya anak anak rajin mengisi blognya dengan tulisan

Jawabannya :

  • Trik agar anak-anak rajin mengisi blognya tentunya harus ada trigger dari ibu gurunya. Misalkan mereka diminta menyalin pelajaran, atau diberikan gambar yang sesuai dengan tingkatannya, kemudian meminta mereka untuk menulis di blognya,. dan share ke group teman-temannya. Atau kirim langsung ke ibu guru,. tentunya yang tercepat akan mendapatkan hadiah.Maksudnya deskripsi tentang gambar tersebut

3. Ibu Sunarmi.

Pertanyaannya :

  •  Bagaimana agar orang tahu blog kita, kalau sudah kita share ke beberapa orang, apakah yang lain bisa tahu juga selain orang yang kita share?

Jawabannya : 

  •  Orang lain bisa tahu ibu ketika mereka mencari topik yang sama dengan topik tulisan kita. Misalnya kita mencari topik bagaimana menjadi  guru yang professional. Ibu tinggal ketik maka akan muncul banyak pilihan melalui internet juga dari blog pribadi maupun blog edukasi 

4. Frans Fernandez SMPN 1 Praya Lombok Tengah NTB.

Pertanyaannya :

  • Bagaimana tips dan trik ibu agar kami membangun disiplin dan menyempatkan diri untuk menulis, mengajar, meneliti, pengabdian masyarakat, membaca, termasuk belajar seperti sekarang ini. Agar tidak ada yang terabaikan?
  • Bagaimana tips dan triknya, agar materi yang tersampaikan menarik. 
  • Saya guru Matematika, namun belum bisa membuat video materi lewat YouTube. Apakah boleh menggunakan video yang ada untuk pembelajaran di blog kita? Sehingga tugasnya nanti baru dilaporkan dalam bentuk foto. Karena kami mau memanfaatkan simbol-simbol matematika di laptop agak lelet (maklum belum mahir) tips dan triknya, agar materi yang tersampaikan menarik. 
 Jawabannya :
  • Menjadi disiplin memang sudah diajarkan dari semenjak saya kecil, karena ayah sy  dari TNI AD, disiplin dan bertanggung jawab, namun tidak terlalu dikekang. Sy didik selama 1 thn menjadi Kowal, TNI AL dan berpangkat paling rendah, di basic training, dan menajdi Bintara, untuk menjadi Perwira sy masuk basic training lagi 1 tahun dan harus meninggalkan keluarga. Dengan berbagai latihan fisik juga tambahan ilmu Sy banyak belajar. Ketika bangun pagi hingga tidur kembali semua sudah diatur,. jika diceritakan bisa menjadi buku
  • Saya rasa untuk pelajaran matematika perlu menyertakan link video atau YouTube agar menarik siswa. Bapak mungkin sudah pernah mendapatkan pelajaran dari paman Apiq,. beliau expert banget dalam mengajarkan matematika πŸ™

5. Bapak  Edi dari Lebak. 

Pertanyaannya :

  • Bagaimana Ibu bisa punya buku solo yang banyak dan isinya bagius bermanfaat ?
  • Berapa lama ibu butuhkan dari awal hingga  buku jadi dan ber – ISBN?

Jawabannya :

  •  Tahun 2021 Alhamdulillah bisa 3 buku saja,. Kebetulan ketiga buku tersebut adalah challenge menulis di blog selama 1 bulan, Buku pertama, ketika ikut lomba blog yg diprakarsai om Jay dan penerbit YPTD , Yayasan Thamrin Dahlan,. sy urut terakhir dari 10 besar 😁,. buku kedua ketika dibulan puasa, mendapat challenge dari Jejak Warna, yg harus ditulis di IG,. namun Sy tetap tulis di blog juga., ke 3. tantangan 40 Hari menulis dari YPTD, Alhamdulillah dapat saya selesaikan tepat waktu
  •  Intinya bapak Edi menulis saja tiap Hari di blog, alangkah bagusnya jika dapat dikelompokkan tulisan bapak di blog,. misalnya puisi, bapak berikan katagori puisi, jika pelajaran dikelompokkan di edukasi,. di WordPress bisa dibuat kelompok-kelompok tersebut, dan ahlinya adalah Mr Bambs, salah satu narasumber juga. Jika sdh dianggap cukup Maka disusunlah artikel-artikel tsb dan... jadilah beberapa buku.Bergabunglah dng YPTD maka akan terbitlah buku kita

6. Bapak Aswin dari Palembang :

 Pertanyannya :

  •  Blog sebagai sarana pembelajaran, sejauhmana yang Ibu rasakan bahwa BLOG membantu guru dalam mensukseskan tujuan dari KBM ?

Jawabannya :

  • Nah ini sebenarnya yg dapat menjawab lengkap om Jay, karena disertasi beliau tentang blog sebagai pembelajaran πŸ˜πŸ™ Menurut saya sangat membantu, namun kembali lagi tergantung dari siswa kita dan bagaimana kita mengenalkan kepada siswa kita. Menurut saya perlu kolΓ borasi dengan teknik lain.  Blended methods 😁 yang daring dan luring bisa belajar dalam 1 waktu di tempat berbeda

Closing Statement

Baik bapak ibu yang baik hati,. saya mengucapkan terima kasih atas kehadirannya pada kuliah malam ini. 😁 Semoga ilmu yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi bapak dan ibu,.Apapun media yang akan digunakan bapak ibu, semuanya boleh-boleh saja dan baik-baik saja. Yang terpenting siswa kita dapat menerima ilmu yang kita ajarkan. Blog adalah salah satu sarana, kita gunakan  jika kita anggap nyaman untuk menggunakannya


Rabu, 30 Maret 2022

TAFSIR AL-QURAN LITERASI ANDALAN

 

TAFSIR AL-QURAN LITERASI ANDALAN

Oleh Lilis Ernawati

 

Malam ini aku tidak bisa tidur nyenyak. Aku bingung, apa yang bisa aku sampaikan di laporan kegiatan literasi sekolahku. Padahal besok semua mahasiswa S2 jurusan Bahasa Indonesia diwajibkan menyampaikan pengalamannya saat memberikan materi literasi di sekolah masing-masing.

Aku melihat mahasiswa S2 lainnya menceritakan tentang kegiatan literasi di sekolahnya. Sekolah mereka  setiap pagi siswanya diwajibkan membaca walau hanya 5 menit, bercerita, menghasilkan karya dan lain-lain. Semua itu kemudian dituliskan di buku laporan kegiatan harian siswa. Keren banget.

Sekolah mereka bisa dengan mudah melaksanakan kegiatan literasi karena perpustakaan mereka komplit,  selain itu mereka mewajibkan setiap siswa membawa satu buku, bebas. Boleh buku cerita, sejarah ataupun pengetahuan. Sedangkan di sekolahku, jangankan untuk menyumbang buku, membayar uang bualanan yang hanya Rp 25rb saja banyak yang nunggak.

Hal ini karena sekolah kami bukan dari kalangan elite. Sebagian besar mereka berasal dari keluarga yang kurang mampu. Namun kelebihan sekolah kami adalah siswa siswinya banyak yang berprestasi di hapalan Al-Quran dan Pelajaran. Walaupun gurunya hanya dibayar dengan honor yang hanya cukup untuk seminggu, akan tetapi mereka ikhlas demi kemajuan anak bangsa dan untuk mencerdaskan generasi penerus negeri.

Dalam diam kuputar otakku, bagaimana kegiatan literasi dapat dilaksanakan dalam kondisi sarana dan prasarana yang terbatas. Akhirnya aku putuskan untuk kegiatan literasi di sekolahku nanti dengan memanfaatkan tafsir Al-Quran. Mengapa demikian? Hal ini aku lakukan karena di sekolahku setiap pagi melaksanakan kegiatan membaca dan menghapal Al-Quran. Supaya tidak memerlukan modal lebih banyak, maka aku putuskan tafsir Al-Qurannya untuk dipelajari.

Setiap siswa memiliki Al-Quran yang sudah ada tafsirnya, akan tetapi karena mereka lebih fokus ke hapalan AL-Quran, makanya kadang-kadang arti bacaannya kurang dihiraukan. Hal itupun terjadi pada diriku. Makanya, dengan cara seperti itu selain membiasakan membaca tafsir Al-Quran kepada siswa, secara tidak langsung saat memeriksa tugas siswa, aku ikut membacanya juga

Literasi merupakan istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa.

Oleh karena itu dengan kegiatan literasi ini banyak hal yang bisa kita jadikan sebagai pembiasaan kepada siswa, antara lain : membaca, meringkas, menulis, menyimak dan berbicara. Komplit kan? Kenapa bisa begitu?

Tentu saja bisa karena sebelum meringkas, maka siswa wajib membaca dulu keseluruhan tafsir Al-Qurannya. Nah saat meringkas, keterampilan menulis mereka dilatih, setelah itu  mereka siap-siap dipanggil untuk melaporkan hasil ringkasannya. Aku berencana   setiap mata pelajaranku satu orang secara bergantian mempresentasikan hasil ringkasannya, secara tidak langsung keterampilan berbicara siswapun  diuji. Sedangkan untuk siswa lain, mereka wajib menyimak  laporan literasi temannya.

Jadi sebenarnya selain kemampuan literasinya bisa diperoleh, kegiatan ini bisa menjadi satu ajang uji nyali siswa siswi agar pede saat  berdiri di depan kelas dan mempresentasikan hasil laporan ringkasannya.

Setelah merasa ada solusi, hatiku sedikit tenang. Rasa kantuk mulai menyerangku, dalam lelah aku tertidur pulas sekali hingga lupa jika tadi sehabis sholat isya, aku belum makan malam.

Keesokin harinya kuminta anak-anak memulai kegiatan literasinya dari juz 30 surat 114 yaitu surat An-Naas. Merekapun diminta membuat satu buku khusus literasi. Yang di dalamnya terbagi dalam beberapa kolom antara lain: kolom nomor, tanggal, surat/ayat, ringkasan, keterangan.  Dan untuk hari pertama kegiatan literasi ini, KM disuruh pertama menjelaskan isi kandungan Surat An-Naas  tersebut.

Aku senang sekali, karena merekapun senang dengan kegiatan ini. Semoga kegiatan ini bisa menjadi tonggak awal,  mereka mau menulis dan membaca hasil karya orang lain.

Aku menamakan kegiatan literasi ini dengan nama kulman alias kuliah lima menit. Setiap selesai pembelajaran mata pelajaranku, aku selalu menyebut satu nama yang wajib bersiap-siap di pertemuan yang akan datang.

Kegiatan literasi yang aku laksanakan setiap hari, akhirnya menjadi pembelajaran yang luar biasa hasilnya. Siswa siswi yang awalnya tertutup dan tidak mau ke depan, dengan terpaksa mereka ke depan dan setelah itu mereka bisa beradaptasi dengan lingkungan teman sekelasnya.

Selasa, 29 Maret 2022

Selamat Murid Muridku




Hari ini pengumuman SNMPTN 2022, alhamdulillah 3 orang masuk ITB dan 1 orang masuk UIN Sunan Gunung DJati





 












Selamat buat kalian. Ini bukan akhir perjuangan. Melainkan titik awal kalian melangkah setelah membuka pintu gerbang.

Majulah terus, nikmati semuanya seperti air yang memgalir. Iringi doa dan usaha dalam menghadapi swmua kesulitan

Senin, 28 Maret 2022

Ceremony Clossing Kelas Menulis Angkatan 23 dan 24




 






Malam ini kegiatan penutupan belajar menulis angkatan 23 dan 24. Acaranya luar biasa seru. Ada tawa, canda, bahagia. Karena tugas-tugas telah berakhir. Namun kesedihanpun menyelimuti hati kami semua karena perpisahan dengan teman teman grup menulis.

Semoga dengan berakhirnya kegiatan menulis ini, menjadi tonggak awal kami untuk berkarya dan rajin membaca. Karena ingatlah, modal utama penulis adalah memperbanyak makanan untuk otak yang bergizi dan bernutrisi. Artinya semakin banyak kita membaca, maka semakin banyak pula kesempatan kita untuk bisa menuangkan ide dalam tulisan kita.

Terimakasih kepada narasumber, moderator dan guru guru terbaik  semuanya. Terimakasih kawan kawan yang sudah mengisi hari hariku selama ini. Mohon maaf jika ada salah kata, atau candaan yang kurang berkenan.

Pada kesempatan itu, saya membuat video ucapan terimakasih kepada narasumber dan  kawan kawan semuanya yang telah berjuang bersama sama menyelesaikan tugas kelas menulis ini.



Namun ada yang lucu, saat aku dibuat photo animenya, makasih bunda, dah dibuatin Animenya.  Anggota grup lainnya juga yang photonya  dibuat anime jadi lucu lucu


Dan inilah para guru favorit kami diantara yang favorit lainnya









Dan inilah peserta terbaik angkatan 23




Minggu, 27 Maret 2022

Pernikahan

 





Pernikahan adalah acara sakral yang dilakukan dua sejoli yang berkomitmen tuk hidup bersama dalam suka dan duka menjalani gelombang kehidupan yang penuh dengan halangan dan rintangan.

Pernikahan terdengar begitu manis dan menggembirakan, akan tetapi mengapa saat menjalaninya banyak yang jadi boomerang.

Pernikahan itu sakral, namun syarat  perselingkuhan dan penghianatan terjadi pada pasangan, mengapa demikian?

Saat cinta tergadaikan dan nafsu terlampiaskan, pernahkah diingat, bagaimana perjuangan cinta menggapai mahligai rumah tangga.

Komitmen setia dalam suka duka hingga sehidup semati, mengalir lancar tanpa rintangan seperti jalan tol,  dimulut manis yang penuh dengan kebahagiaan. 

Saat jemu mulai merasuki kalbu dan rasa percaya diri hilang seiring berjalanan waktu, keinginan berkelana menjajagi insan berbedapun mulai meronta-ronta dalam hatinya.

Tak pernah sedikitpun dipikirkan, banyak korban berjatuhan akibat cinta digadaikan. 

Akan ada tulang rusuk yang patah, buah hati yang terabaikan dan keluarga yang bersitegang. Demi nafsu cinta yang tergadaikan, kadang semua rela digadaikan, asal hati senang, dan pujaan hati  dapat dimenangkan.














fiorentia viviane lesmana