Pengikut

Jumat, 01 April 2022

1. DILEPAS DI KEBUN JUGA HIDUP

 

DILEPAS DI KEBUN JUGA HIDUP

oleh Lilis Ernawati, M.Pd

 


“Santi sini Nak, duduk dekat Ibu, “Panggil Ibu. Aku menghampiri Ibu, sambil bertanya-tanya dalam hati. Karena tumbenan Ibu memanggilku seperti itu. Serius sekali.

“Besok ikut Paman Soma ke Jakarta yah, kamu tinggal di rumah paman, sambil mencari lowongan pekerjaan, siapa tahu ada yang bisa menerima kamu, “Kata Ibu memohon.

Aku diam saja, tak memberi jawaban. Karena sebenarnya aku ingin kuliah. Tapi aku sadar, jika kemampuan Ibuku tidak memungkinkan.

“Ibu tidak sanggup membiayai kamu kuliah Nak, Ibu doakan suatu hari nanti kamu ada rejeki bisa kuliah sesuai dengan keinginan kamu, “Kata Ibu lagi, sepertinya Ibu mengerti apa yang bergejolak dalam benakku.

“Baiklah Bu, Santi beres-beres dulu, “Jawabku singkat sambil pergi ke kamar.

Kubuka lemariku dan kupilih bajuku satu demi satu yang sekiranya masih layak dipakai. Aku jarang sekali membeli baju, makanya sedikit sekali baju yang aku miliki. Lagipula keseharianku lebih banyak di sekolah dan pramuka sehingga aku gak terlalu perlu banyak pakaian bebas. Paling kalau di rumah pakai baju santai, yah baju olahraga sekolah atau baju tidur.

Haripun beranjak malam akan tetapi  aku tidak  bisa tidur. Kubuka komputerku dan kumulai mengetik apa yang menjadi uneg-uneg hatiku. Kemudian kuambil buku, kutulis sebuah surat yang aku tujukan kepada guruku, Pak Susilo. Beliau adalah guru matematika yang baik. Selama ini hubungan kami sangat dekat. Pak Susilo kadang suka mengantarku pulang. Namun takada apa-apa diantara kami, selain hubungan antara murid dan guru saja.

Namun aku tahu jika Pak Susilo menaruh hati kepadaku sejak kelas 10. Pak Susilo adalah bujangan yang sudah cukup umur di sekolah. Beliau tipe laki-laki yang baik, akan tetapi kaku terhadap perempuan. Namun entah mengapa, beliau dekat denganku.

Dalam benakku, daripada aku berangkat ke Jakarta, lebih baik aku menanyakan keseriusan Pak Susilo kepadaku. Sehingga aku tidak harus menumpang di rumah saudara, mencari kerja dan lain-lain. Cukup menjadi seorang istri yang baik dan diam di rumah, tak mengapa.

Anganku semakin kacau. Dan airmataku tak terasa menetes di pipi. Aku merasa iri pada teman-temanku yang bisa kuliah dan hidup mapan serta bahagia bersama keluarganya. Sementara aku, hidup serba kekurangan dengan ibu dan adik-adikku.

Namun herannya, teman-teman takada yang percaya jika aku hidup sengsara dan kurang kasih kasih sayang. Karena saat bersama teman-teman aku jarang terlihat murung apalagi bersedih. Aku dikenal sebagai cewek yang periang, disiplin dan sangat aktif di sekolah. Takada yang tahu jika semua itu hanya pelampiasan dari kesedihanku saja.

Malampun semakin larut. Mataku sudah mulai perih dan mulutkupun menguap berkali-kali. Kurebahkan badanku di pembaringan, setelah itu aku tak sadarkan diri.

                                                                                                                                         

                                                                                                                bersambung.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fiorentia viviane lesmana