Pengikut

Sabtu, 22 Januari 2022

 

MUKHOYAM TAHFIDZ QURAN MA MIFTAHUL ANWAR DI BUMI BATARA  BAYONGBONG GARUT

 


MA Miftahul Anwar Bayongbong Garut yang dikepalai oleh Bapak H. Tantan Khoerul Anwar, S.Pd.I merupakan salah satu sekolah yang mengedepankan penguasaan Al-Quran di samping mata pelajaran umum . Sehingga siswa siswi MA Miftahul Anwar dituntut untuk menguasai hafalan Al-Quran saat sudah bergabung di sekolah ini. Hal ini merupakan salah satu upaya sekolah untuk menjadikan generasi cinta Al-Quran yang siap bangkit memajukan agama islam. Semoga cita-cita dan harapan ini menjadi kenyataan. Amin yra

MA Miftahul Anwar berlokasi di Jalan Raya Cigedug KM.1 Bayongbong Garut. Dengan fasilitas yang masih dalam tahap pengembangan, MA Miftahul Anwar memiliki 9 romble yang terdiri dari 3 kelas IPA dan 6 kelas IPS dengan jumlah siswa kurang lebih sekitar 300 orang dan tenaga pengajar sebanyak 20 orang.

Kegiatan Mukhoyam atau lebih dikenal dengan istilah kemah bhakti merupakan salah satu upaya untuk menjadikan siswa siswi MA Miftahul Anwar  sebagai generasi  cinta Al-Quran  yang siap dan kuat menghadapi tantangan zaman. 

Siswa siswi MA Miftahul Anwar kelas X dituntut harus hapal sebanyak 1 juz dan biasanya dimulai dari juz 30, kelas XI bertambah lagi 1 juz yaitu juz 29 dan kelas XII diberikan kebebasan memilih minimal 1 juz. Namun dalam kenyataannya................. luar biasa, siswa siswi MA Miftahul Anwar  saat ujian akhir tahfidz Al-Quran kelas XII setelah pelaksanaan ujian nasional  banyak yang hapal hingga 5 juz, 10 juz, 20 juz bahkan alumni tahun kemarin ada yang hapal 14 juz yaitu Tasbita sekarang kuliah di UIN Bandung,  Ahmad Ihsanudin 18 Juz sekarang kuliah di UIN Banten,  Aisyah Fathini 24 juz sekarang kuliah di Solo dan Reza  30 juz sekarang kuliah di UIN Bandung. 



Pencapaian yang luar biasa ini menjadikan kami para gurunya menjadi bangga, hingga meneteskan air mata , begitupun halnya dengan kedua orangtua mereka yang turut bahagia dan meneteskan airmata di saat wisuda tahfidz dilaksanakan. Mereka bangga  karena telah berhasil memiliki insan-insan Al-Quran yang siap menjadi garda terdepan dalam memerangi kemunkaran dan kemaksiatan, semoga harapan ini bisa tercapai.

Kegiatan Mukhoyam yang menjadi salah satu cara peningkatan hapalan Al-Quran   dilaksanakan  setiap tahun sebagai salah satu acara rutin dengan agenda kegiatan Murojaah, Ziyadah ( setoran hapalan), dan pemantapan moral  dan mental siswa agar menjadi manusia yang berbudi. Pada tahun ini dilaksanakan pada tanggal 7-9 Januari 2022 bertempat di Bumi Batara  yang terletak di Sukarame Mekarjaya Bayongbong Garut.

Bumi Batara menjadi tempat yang dipilih untuk kegiatan Mukhoyam Tahfidz Quran  setiap tahun karena di sini selain merupakan tempat kegiatan outbond juga menyediakan fasilitas berupa villa yang asri, dengan harga yang minim  dan dikelilingi oleh pemandangan yang menyejukkan hati. Sehingga untuk menenangkan diri, mencari inspirasi dan menghilangkan kegundahan hati bisa di dapatkan di sini, walaupun fasilitas penunjang seperti warung dan kebutuhan sehari-hari sulit di dapatkan. Oleh karena itu saat berkunjung ke lokasi ini diharapkan membawa perbekalan dan kebutuhan yang mumpuni.



Semoga kegiatan mukhoyam ini akan terus bisa dilaksanakan demi kemajuan islam dan kebaikan mental dan moral generasi muda penerus bangsa.Amin

 

SIDANG KTI,UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA CINTA LITERASI

 

SIDANG KTI,UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA CINTA LITERASI



Hari ini sabtu, 22 Januari 2022. Sekolah kami mengadakan sidang KTI siswa kelas 12 tahun pelajaran 2021-2022. Peserta sidang KTI sebanyak 74 siswa terdiri dari 1 kelas jurusan IPA dan 2 kelas jurusan IPS. Pelaksanaan sidang KTI ini diperkirakan akan selesai sekitar 3 hari dengan jumlah penguji 8 orang yang dibagi dalam 4 ruangan yang terdiri dari 2 penguji setiap ruangannya.

Penelitian KTI ini dilaksanakan siswa mulai bulan Oktober hingga Desember 2021, dan proses pembuatan dan pembingan KTI mulai dilaksanakan sekitar bulan Desember 2021 hingga Januari 2022. KTI  merupakan salah satu syarat kelulusan siswa MA Miftahul Anwar. Suasana tegang dan waswas terlihat di wajah mereka. Ada ketakutan bercampur kekhawatiran. Takut KTI nya tidak berkenan di hadapan penguji. 

KTI atau karya tulis ilmiah yang wajib dibahas oleh siswa MA MIftahul Anwar ini di dalamnya harus membahas tentang pandangan secara umum dan pandangan secara islam menurut Al-Quran dan Hadist. Hal ini dilakukan agar mereka selalu menjadikan Al_Quran sebagai sandaran hidupnya. Dan penelitian ilmiahnya tidak hanya berdasarkan pemikiran akal saja akan tetapi unsur campur tangan kuasa Illahi menjadi hal pokok dalam penelitian ini.



Saat acara pembukaan sidang KTI semua berharap cemas menunggu SK pembagian nama penguji. Dari awal mereka sudah waswas jika melihat aku, sehingga mereka bertanya-tanya, apakah aku ikut menguji ataukah tidak. Aku jawab tidak, karena yang menguji guru-guru dari luar.

Entah kenapa mereka begitu takut, padahal aku biasa saja. Perasaanku he...he ......

Kesan  mereka terhadapku adalah, aku adalah guru yang dalam penulisan,  terkenal sebagai orang yg paling rewel dan teliti. Padahal maksudku baik, agar mereka terbiasa dan pandai bermain kata-kata serta ejaan dan tanda baca.

Sidang dimulai pukul 08.00 wib. Satu demi satu mereka masuk ke ruang penguji, jatah penguji adalah 1 jam peranak. Lama banget yah. Cukup buat mengacak-acak isi KTI mereka.

Seperti yang mereka sudah perkirakan, peserta yang masuk ke ruanganku rata-rata sudah gugup duluan. Entah kenapa bisa begitu. Padahal wajahku tidak menakutkan ha...ha....

Memangsih aku suka rewel dan selalu ingin murid-muridku bisa berbicara lantang di depan umum agar mereka suatu saat siap jika harus terjun ke masyarakat. Begitupun saat ini, mereka harus memaparkan latar belakang dengan jelas, penelitiannyapun harus lengkap dan simpulannyapun nyambung. Kalau data-data kurang lengkap, penulisan eyd dan kata-kata serta daftar pustaka tidak sesuai, pasti akan dapat banyak catatan.

Waktupun berjalan cepat. Hari ini ruanganku dapat jatah 8 anak buat disidang, dan semuanya beres dengan hasil perlu perbaikan.

Semoga kegiatan ini bisa menjadi salah satu kegiatan pembelajaran untuk pembentukan karakter yang pandai berliterasi, berargumentasi dan berpartisipasi dalam menumbuhkan jiwa-jiwa yang bermental tinggi dan bermoral baik yang penuh dengan rasa ingin tahu demi kemajuan ilmu pengetahuan. Amin Yra

 

Jumat, 21 Januari 2022

3. BLOG DAN YOUTUBE MENGANTARKANKU MENJADI GURU INSPIRATIF TERBAIK NASIONAL

Nama                : Lilis Ernawati
Pertemuan        :    3
Waktu              :  Jumat , 21 Januari  2022 
Pukul                : 19 wib s.d selesai
Moderator        : Ibu Rosminiyati
Narasumber     : Ibu Rita Wati, S.Kom
Judul                : Blog dan Youtube Mengantarkanku menjadi Guru Inspiratif Terbaik Nasional



 Hari ini banyak rasa berkecamuk di dalam dada. Diantara kegalauanku menanti perkembangan suami yang sedang di rawat di RS Suyoto Bintaro, anakku yang keduapun harus operasi bedah mulut karena gigi bungsunya tumbuh menumpang ke gigi yang lain. Namun di sisi lain ada bahagia karena bisa jumpa teman SMP yang sedang jalan-jalan ke Garut dan malam ini ada kelas menulis yang di selenggarakan di grup PGRI. Dari judulnya kayaknya seru, semoga demikian adanya. 

Pukul 19.00 pun tiba, aku sudah di telepon dari grup pengajian karena belum setor bacaan dan hapalan. aku iyain aja dulu, nanti kalau sudah mengaji aku laporan, atau sambil menyimak sambil mengaji, tak apalah, inshaallah bisa.

pertemuan ini diawali dengan perkenalan narasumber oleh Ibu Rosmiyati. Malam ini narasumbernya dari Jimbaran Bali lho. keren yah...orang jauh...jauh dari rumahku maksudnya, Namanya Ibu Rita Wati, S.Kom. Masih muda lho. tapi prestasinya, keeeewren bingits... gaknyangka, padahal dilihat-lihat orangnya kayaknya sederhana yah, semoga aku bisa seperti beliau.  Amin.


Sebelum kegiatan ini dimulai, Ibu Ros menyarankan agar kita menyediakan secangkir minuman hangat dan semangkuk senyum. Namun sayang aku takada semua itu. Karena yang ada hanya ini saja.

Tapi gakpapa kan Bu Ros? walau hanya ini yang saya miliki.  

Ibu Rita ternyata seorang guru TIK  di SMPN 2 Mendoyo Jembaran Bali. Beliau juga alumni kelas menulis gelombang 10, dan mulai menjadi narasumber sejak kelas menulis ke 16. Dan ini tanggapan peserta setelah melihat profilnya....semuanya merasa kagum.



Ibu Rita menanyakan apa yang ada dipikiran kita setelah melihat profilnya. dan jawaban peserta kelas menulis 23 dan 24 adalah jeng.....jeng.......


Akupun ikut menjawab "Ingin menjadi penulis hebat". 

Ternyata ibu Rita ini awalnya tidak pede menulis sampai tulisannya diendapkan, beliau ikut kelas sejak grup 1, akan tetapi dari angkatan 1-5 hanya menyelesaikan resume saja. sampai akhirnya di angkatan 10 beliau mulai mencoba menulis.  Dari situlah semangatnya muncul hingga akhirnya bisa menghasilkan buku baik solo, duet maupun antologi. Adapun buku yang membuat beliau diundang oleh kemenristek adalah yang berjudul "Buku Antologi Bunga Rampai Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.

Ibu Rita menjadi seorang youtuber dan blogger karena terpaksa oleh keadaan yang saat itu harus pembelajaran jarak jauh. Banyak tontonan youtube yang telah Ibu Rita upload, begitupun halnya dengan tulisannya yang banyak dimuat di blog.

Apasih sebenarnya tujuan Ibu Rita menulis? Tujuan beliau saat menulis materi di blog dan membuat video pembelajaran di youtube sebagai salah satu cara mengajar kepada siswa. Akan tetapi seiring berjalan waktu beliau juga menjadi aktif menulis baik itu cerpen, resume menulis, artikel, PPPK dll. dan ini ternyata merupakan langkah beliau menjadi guru berprestasi.

Tanpa disadari tulisan  dan youtube yang beliau posting sudah ratusan,  sehingga beliau mulai Pede untuk mengikuti lomba-lomba. Berawal dari lomba blog di PGRI pada tahun 2020 saat itu beliau benar-benar merasa anak baru dalam perlombaan tersebut. Namun ternyata berhasil mendapatkan peringkat 8 Nasional.

 Berawal dari situ akhirnya beliau mulai sering mengikuti even lomba blog. Namun,  banyak kalahnya dari pada menangnya. Akan tetapi selama kita berusaha dan tidak mudah putus asa akhirnya sampai juga pada prestasi Juara 1 lomba blog PGRI Tingkat Nasional, Ibu Ritapun makin pede,

Menurut Ibu Rita, menjadi blogger dan youtuber.bagi guru sangat bermanfaat sebagai ilmu jariyah/ amalan yang tidak terputus selama ilmu itu masih dipakai

Acara selanjutnya adalah tanya jawab. Seperti biasa, peserta menulis grup 23 dan 24 ini memang luar biasa. banyak sekali yang bertanya....untung narasumber di grup ini, sabaaaaaaaaarnya luar biasa, dan gakpernah pelit membagi ilmunya....kewreeen. pokoknya. 

Adapun beberapa pertanyaan yang disampaikan peserta diantaranya dari Ibu Siti Rohani yang bertanya tentang  langkah menjadi guru prestasi, relevansi menulis dan guru berprestasi , dan jawaban Ibu Rita :

1. Langkah menjadi guru berprestasi. Awal saya tidak pernah berpikir untuk menjadi guru berprestasi. Saya hanya ingin berbagi lewat tulisan di blog dan video di youtube. Seiring berjalan waktu tulsian dan video saya sudah banyak. Sehingga ketiak ada even lomba saya bisa memanfaatkan blog dan youtube saya. Dan terbukti berhasil menjadi juara.

2. Relevansi menulis dengan guru berprestasi . ketika kita ingin berpartisipasi untuk mengikuti even gupres maka syaratnya adalah menulis Best Practise dalam bentuk artikel popular ilmiah tergantung permintaan juri. Jika kita tidak memiliki modal menulis maka akan kesulitan untuk menuangkan ide kita. Dan saat ini Kemendikbud sedang menggeliatkan Literas…

Pertanyaan keempat dari  Ibu Maria

1. Apa saja strategi untuk men-judge diri sendiri  supaya ide yang mandek kembali mengalir dalam tulisan dan memiliki rasa percaya diri

2. Apakah pada saat coba-coba tulisan ibu selesai dan apa genrenya?

3. Bagaimana caramembuat resume yang menarik tidak hanya copy?

4. Metode yang mudah dalam mensosialisasikan “Lost learning” , menjadi  ulasan yang keren

Jawaban beliau adalah

1. Selalu berada di dalam Komunitas Menulis jika ingin Pede karena semua tulisan kita akan di apresiasi dan Blog Walking, baca alam, baca buku dll jika ide mandek.

2. Saat coba-coba saya hanya menulis cerpen dan selesai tapi tidak dipublikasikan. Tapi saat ini semua tulisan saya saya publikasikan di blog

3. Gunakan opening dan closing yang menarik yang dikembangkan dengan Bahasa sendiri 

Pertanyaan kelima dari  Afiatur Rizkiyah, dari SDN Pandian V Sumenep. tentang cara meningkatkan rasa percaya diri dan merasa kita mampu melakukan hal yang awalnya kita anggap sulit

 tetap berada di dalam Komunitas Menulis karena tulisan kita akan di apresiasikan dari situ lama-kelaamaan akan tumbuh rasa percaya diri.


Pertanyaan selanjutny Bu Rina Harwati dari MTsN 6 Bantul DIY, tentang aplikasi yang mudah dan menarik serta mengapa awalnya gak pede tapi kemudian mampu, jawaban Ibu Rita berikut ini:

1. Aplikasi mudah dan tampilan menarik tergantung selera ya Bu, saya Cuma menggunakan Bandicam sebagai record di laptop dan untuk ngedit di filmmora. Jika ingin buat lebih menarik saya menggunakan canva.

2. Saat awal saya hanya mencoba membuat novel tapi saya tidak pede saat itu sehingga tidak pernah di terbitkan. Ide saya juga buntu akhirnya ide di novel itu saya penggal-penggal menjadi beberapa cerpen salah satunya ada didalam buku saya Tiara dan Merajut Asa Sejak Belia

Selanjutnya Ibu Zunnurin menanyakan sebaiknya berapa kata yang harus kita tulis di blog agar tidak terlalu membosankan untuk dibaca, dan bagaimana agar tulisan yang ada diblog diminati orang lain untuk dibaca? menurut Ibu Rita sebaiknya setelah 4-6 baris segera pindah paragraf.

Dan masih banyak lagi pertanyaan dari rekan-rekan semua yang beliau jawab dengan keren. Disela-sela jawaban tersebut, beliaupun mengirimkan beberapa video youtube yang pernah beliau tayangkan. Pokoknya komplit pakai telor dua dech inimah,. Namun karena waktu tidak memungkinkan, Maka pertanyaan 16 hingga 29 akan dijawab di blogger beliau. 

Diakhir kegiatan beliau simpulkan dan beri motivasi

Teruslah menulis dan wujudkan cita-cita Bpk/ibu, tuangkan ide dalam tulisan dan biarkan Tulisan Bpk/ibu menemukan takdirnya sendiri

 Quote motivasi dari Ibu kita Kartini

 Nothing is imposible in this world what we look upon today tomorrow maybe acomplsihed Fact

 Tidak ada yang mustahil di dunia ini, jika hari ini terlihat mustahil besok bisa jadi kenyataan



Kamis, 20 Januari 2022

VIRUS OMICRON

KAMU KEMBALI MEMISAHKANKU DARI SUAMIKU

 

 Jika melihat benda ini, di posisi kita sebagai orang awam, seorang ibu/ayah yang memiliki anak kecil yang lucu, apa yang ada di benak anda? pasti sama seperti saya...lucu dan warnanya menggoda. Namun sayang, ternyata itu bukan mainan yang mengasyikkan. Saat kita tahu jika itu gambaran virus omicron, betapa terperanjatnya kita. virus itu menyerupai bola-bola yang suka dilempar dan loncat-loncatan. Kebetulan saya pernah memilikinya, warnanya hijau dan di dalamnya dipasang lampu, sehingga saat bola itu terkena benturan, lampunya akan berkedip-kedip,... lucu. Ada yang pernah memiliki?

Namun, siang ini ceritanya lain. Aku sedikit panik, dan tanpa sadar, ada air mata yang siap meluncur di kedua netraku. Ada kekhawatiran, ketakutan dan kerinduan untuk bersama dengan orang yang aku cintai, Sudah 9 hari, suamiku tak pulang karena kegiatan kantornya yang lumayan padat sehubungan sudah banyak lagi peserta diklat yang mengikuti pelatihan. Dia bilang, jumat pasti pulang.

Namun, manusia hanya bisa berencana, semuanya kembali kepada takdir Illahi Robby. Kubuka WA... sesampai rumah karena saat di  sekolah,  wifi  mati.  Betapa terkejutnya aku, kududuk lemas dan kubuka kembali isi WA tadi, siapa tahu aku salah membaca, aku eja perlahan, tapi bener kok, tulisan di WA itu begini bunyinya : "P2 harus di swab, karena ada peserta diklat yang positif omicron 21 orang".

Agar tidak penasaran, ku telepon suamiku, tapi dia tidak menjawab, sepertinya sedang sibuk atau mungkin antri swab. yah sudahlah, aku balas saja WA nya.

"Kenapa bisa kecolongan?, bukannya peserta diklat semuanya di swab dulu?,"tanyaku seakan menyesali kecerobohan sistem penerimaan peserta didiknya.

"Yah gaktahu, p2 kan urusan operasional pelaksanaan diklat,"jawabnya lagi.

"Terus hasilnya bagaimana, "tanyaku lagi penasaran dan gak sabaran.

"nti sore, "jawabnya lagi pendek.

"Udah yah pengen tidur dulu, "kata suamiku di sana.

"ya udah, met istirahat sayang, udah makan siang kan,"tanyaku lagi seperti takingin menghentikan percakapan.

"udah, tadi sama telor dan sayur, "jawabnya lagi.

"oke dech kalau begitu, mamah juga mau istirahat dulu sambil buka-buka blog mamah, "jawabku.

Aku langsung mengambil air wudhu dan sholat Ashar, setelah itu seperti biasa aku siapkan makan dan kusuapi anakku yang sebenarnya sudah cukup besar. Namun, karena anak bungsu dan gakada saingan, akhirnya dia sangat manja. walau berulang kali sudah aku nasehati, tapi tetap saja, malas makan jika tidak disuapi, yah naluri seorang ibu, semuanya pasti akan sama, yaitu khawatir dan ujung-ujungnya mengalah menyuapi anak, daripada nanti dia sakit.


Setelah perut anakku kenyang, aku ambil laptop dan kubuka-buka blog-ku. Kubalas beberapa komentar yang singgah di blogku. setelah selesai, kubiarkan laptopku menyala, aku berbaring di depan TV, kunyalakan TV, tapi pikiranku melayang jauh ke tahun 2019. Saat itu awal-awal virus covid-19 muncul, semua  anggota TNI wajib rapid test. Saat itu aku sudah was-was, karena suamiku ada penyakit bawaan, yaitu malaria papua. Saat aku membaca sebuah artikel, disebutkan di sana, bahwa yang ada penyakit bawaan pasti saat rapid test hasilnya akan reaktif. Benar saja, saat test, hasilnya ternyata reaktif. 

apa yang terjadi selanjutnya? seisi kantor heboh semua. suamiku yang tinggal di mess kantor, di ciduk ambulan seperti pesakitan yang hina banget. Petugasnya menggunakan baju berlapis-lapis. saat suami kirim photo, dia malah tersenyum manis, seperti tak terjadi apa-apa.

Aku langsung telepon, kutanyakan apa yang terjadi, tapi dia malah tertawa.

"Sayang, ada apa?,"tanyaku sambil berlinang airmata.

"Gakapa-apa, cuma disuruh istirahat di Wisma Atlet aja,"jawabnya renyah tanpa beban.

Saat aku telepon, aku yang menangis sesenggukan, aku takut terjadi hal yang tak diinginkan. walau terlihat sehat, tapi ketakutan itu takbisa aku sembunyikan.

Setelah suami diangkut ke Wisma Atlet, semua rekan kerjanya yang pernah berdekatan dipulangkan suruh isolasi mandiri dan Kantor suamipun langsung disemprot disinfektan. Kok kesannya, seperti suamiku yang bawa penyakit yah?

Keesokan harinya kutelepon kembali suamiku dan kutanya keadaannya.

"Assalamualaikum sayangku, apa kabar pagi ini?,"tanyaku seperti biasa.

"Waalaikumsalam wr.wb. Alhamdulillah baik, sehat kok say, gakusah banyak pikiran kenapa, orang papah baik-baik aja kok,  "jawabnya, menghiburku.

Kupandangi wajahnya, kupastikan dia memang sehat dan segar seperti biasanya,

"Nanti siang papah swab lagi, kalau hasilnya negatif, berarti sekali lagi swabnya,"katanya memberitahuku.

"iya,"jawabku pendek. antara cemas dan takut menghinggapi hatiku.

Siangpun tiba dan suamiku memberitahuku jika hasil swabnya negatif. 

"Alhamdulillah,"kuucap syukur pada Rabbku yang telah menjaga orang yang aku cintai dan sayangi.

Berarti swab sekali lagi besok,  dengan harap-harap cemas kutanya lagi kondisinya.

"Papah sehat,"tanyaku lagi.

"Sehat, tenang aja. Papah dikasih tahu teman, katanya kalau mau rapid tes dan swab, kita harus makan garam seujung sendok,  sejam sebelum test dan biarkan garam itu habis bersama air liur dilidah, "ucapnya.

"yah semoga hasilnya negatif, jadi besok bisa pulang, "ucapku penuh harap.

"Kenapa emangnya?,"tanya suamiku menggoda.

"Kangen yang,"jawabku manja.

"eeehhm, "gumamnya. seperti bertanya dan meragukan kata-kataku.

"Beneran kangen yang, emangnya papah gak kangen?,"tanyaku lagi.

"Kangen dong,"jawabnya pendek.

"Bohong,"jawabku merajuk.

"Kata siapa?,"tanyanya.

"Kata mamah,"jawabku.

"Kan Papah yang merasakan kangennya, mamah tahu dari mana,"tanyanya lagi.

"beneran kangen?,"tanyaku manja.

"beneer,"jawabnya meyakinkanku. Akupun  tersenyum manja

"Cepet pulang yah pah,"kataku lagi.

"Iya,"jawabnya sambil memandangku senang melihat aku sudah tersenyum lagi.

Di kamera suami terlihat ada dokter yang siap memeriksa. dan suamiku berpamitan.

"Udah dulu yah yang, ada dokter mau periksa,"katanya

'Iya, Assalamualaikum, "kataku


Waalaikumsalam wr.wb.,"jawabnya di sana. Obrolanpun ditutup.

sejenak ku tertegun, oleh suara telepon yang kuletakkan di atas meja. Lamunankupun buyar.

Sebuah panggilan dari adik Iparku. Kuangkat gawaiku.

"Ceu, gimana keadaan mas," tanyanya.

"hari ini udah tes hasilnya negatif,  tadi udah PCR besok hasilnya kalau negatif juga yah berarti aman tapi harus tetap isolasi mandiri 10 hari,"jawabku.

"Yaudah kalau begitu, yang pentingkan negatif aja dulu,"jawab adik iparku

"Iya, tapi Mas lagi batu pilek,"kataku lagi.

"Kenapa?,"tanyanya


"Gaktahu juga,"jawabku lagi

"Jadi di mess sama siapa?,"tanyanya

"sendiri,"jawabku singkat.

"Terus makannya bagaimana?,"tanyanya lagi.

"Ada yang antar,"jawabku

"Yaudah kalau begitu, gakterlalu khawatir, udah dulu yah ceu salam buat anak-anak, jaga kesehatan,"ucap adik iparku.

"Iya dek, salam juga buat anak istrimu, hati-hati jaga kesehatan, "doaku untuknya.

Tak berapa lama berselang, teleponpun berbunyi lagi. ternyata ibuku.

"Assalamualaikum neng, katanya masnya isolasi yah,"tanyanya diujung sana. 


" Waalaikum salam, iya mih, tapi gakusah khawatir, mas sehat kok, doain aja yah mih agar bisa cepat pulang, tadi udah di swab negatif kok hasilnya, terus makannya segala di kirim dari kantor, "jawabku lengkap, agar mamihku gak khawatir.

"Syukurlah kalau gitu, jaga diri baik-baikyah, banyakin berdoa,"kata ibuku

"Iya mih, mamih juga jaga diri baik-baikyah, doain mas, biar bisa cepat pulang, "pintaku.

"yaudah gitu aja yah, Assalamualaikum,"pamit mamihku

"Iya, waalaikum salam,"jawabku.

Hari sudah sore, aku tutup semua hordeng rumah, jendela dan pintu. Malam ini kulewati dengan kecemasan. walaupun tetap ada obrolan dengan suamiku. Kutunggu pagi dengan perasaan was-was.

Pagipun tiba, seperti biasa suamiku menyapa dan membangunkanku di waktu subuh.

"Assalamualaikum sayang, dah bangun belum, dah sholat belum?, "tanyanya memberondongku.

"Waalaikumsalam udah semua yang, ini mau nanak nasi,"jawabku

"Yaudah atuh, Papah mau mandi dulu,"kata suamiku.

Pukul 08.00 WIB suamiku menelpon, akan tetapi tak sempat kuangkat karena aku sedang di kelas. Jika sedang di kelas, aku jarang melihat gawaiku, makanya pas istirahat pukul 10.30 WIB baru sempat aku buka. Ternyata suamiku memberitahuku jika hasilnya negatif, tapi harus isolasi.

Ada ucapan syukur yang keluar dari mulutku, tapi aku sedih karena suamiku harus tetap isolasi, jadi 10 hari ke depan baru bisa pulang. Yah sudahlah, yang penting suamiku sehat, walaupun aku sangat merindukannya.

Rabu, 19 Januari 2022

Pengertian Teks Prosedur beserta Ciri-ciri, Jenis, dan Strukturnya

 

Pengertian Teks Prosedur

Secara umum, pengertian teks prosedur adalah langkah-langkah suatu aktivitas atau kegiatan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Teks prosedur ini dibutuhkan sebagai panduan bagi seseorang dalam membuat atau menyusun sesuatu.

 

Struktur Teks Prosedur

Dalam penyusunannya, struktur teks prosedur terdiri dari 4 bagian, yaitu tujuan, material, langkah-langkah penyusunan/pengerjaan, dan penegasan ulang (kesimpulan). Penjelasan lengkapnya sebagai berikut: 

1. Tujuan

Pada awal pembuatan teks prosedur, penulis biasanya memberikan penjelasan terkait tujuan dalam penyusunan teks prosedur. Hal ini juga bisa menginformasikan hasil akhir yang akan dicapai.

2. Material

Merupakan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan atau pembuatan kegiatan tersebut. Bagian ini berisi informasi tentang alat/bahan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan.

3. Langkah-langkah

Bagian ini menjelaskan tentang proses atau tahapan yang harus dilakukan demi mendapatkan hasil maksimal sesuai dengan tujuan dari teks prosedur. Langkah-langkah yang dibuat harus secara berurutan. Selain itu, susunannya harus logis, sistematis, dan mudah dipahami oleh pembaca.

4. Penegasan Ulang/Kesimpulan

Bagian terakhir ini menjelaskan tentang simpulan dari suatu prosedur yang telah dilakukan. Bagian ini bersifat opsional, yakni boleh ada dan boleh tidak ada dalam teks prosedur.


 

Ciri-Ciri Teks Prosedur

Sama halnya dengan teks yang lain, teks prosedur memiliki beberapa ciri antara lain:

1. Menggunakan kalimat perintah;

2. Terdapat panduan yang harus dilakukan;

3. Menggunakan kata kerja aktif;

4. Menggunakan konjungsi (kata hubung);

5. Terdapat aturan dalam hal bahan atau kegiatan;

6. Menggunakan kata keterangan untuk menyatakan rincian waktu, tempat dan cara;

7. Terdapat isi kegiatan yang dilakukan secara urut;

 

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Teks prosedur juga ternyata memiliki beberapa jenisnya, lho! Penasaran? Berikut jenis-jenis teks prosedur.

1. Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana hanya berisi dua atau tiga langkah saja. Contohnya prosedur untuk mengoperasikan setrika.

2. Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks terdiri atas banyak langkah dan jenjang untuk tiap tahapannya. Contohnya prosedur pembayaran tilang oleh polisi.

3. Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol merupakan teks prosedur yang langkah-langkahnya bisa dibolak-balik, tapi tujuannya tetap bisa tercapai. Contohnya cara memasak mi instan.

Kalau kamu ingin menyusun teks prosedur, pastikan menggunakan struktur tersebut ya. Karena struktur teks prosedur yang lengkap, akan membuat arahannya menjadi jelas, dan bisa membantu pembaca dalam memahaminya. 

---


 

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Untuk menyusun sebuah teks prosedur, diperlukan kaidah kebahasaan yang tepat agar sesuai dengan fungsinya. Berikut adalah kaidah kebahasaan yang umum digunakan dalam penulisan teks jenis prosedur: 

1. Kalimat

Pada teks prosedur, kalimat-kalimat yang digunakan dapat dikategorikan dalam 3 bagian. Kalimat tersebut adalah: 

a. Kalimat Imperatif

Merupakan kalimat yang mengandung perintah. Kalimat imperatif ditandai dengan adanya hal yang harus dikerjakan merujuk pada perintah dalam kalimat. Pada jenis kalimat ini, tanda seru (!) digunakan untuk mengakhiri ungkapan atau pernyataan.

b. Kalimat Deklaratif

Kalimat ini dikenal sebagai kalimat yang sifatnya lebih memberikan informasi, dan sering juga disebut sebagai kalimat pernyataan. Pada kalimat ini, tanda baca titik (.) digunakan untuk mengakhiri kalimat tersebut. 

c. Kalimat Interogatif

Kalimat ini digunakan untuk mencari informasi dengan memberi pertanyaan. Oleh karena itu, di akhir kalimat interogatif, diberikan tanda baca tanda tanya (?).

 

2. Konjungsi

Konjungsi juga sering kita sebut sebagai kata penghubung. Dalam teks prosedur, konjungsi yang kita bahas terdiri dari dua macam, yakni:

a. Konjungsi Persyaratan

Konjungsi persyaratan adalah kata penghubung yang menyatakan syarat. Contohnya seperti jika, bila, andai, kalau, asalkan.

b. Konjungsi Temporal

Jenis konjungsi temporal ini sifatnya merupakan kata penghubung yang menandai urutan waktu. Contohnya seperti lalu, kemudian, selanjutnya, setelahnya. 

3. Numeralia

Numeralia dalam teks prosedur merupakan pilihan yang bisa digunakan selain menggunakan konjungsi. Numeralia merupakan kata bilangan yang digunakan untuk mengurutkan langkah-langkah dalam teks prosedur. Misalkan pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.

4. Pronomina

Pronomina atau kata ganti, digunakan untuk menggantikan orang atau benda. Berdasarkan fungsinya yang menggantikan orang atau benda, pronomina dibagi menjadi dua macam: 

a. Pronomina Penunjuk

Kata ganti untuk menggantikan benda. Contohnya ini, itu, tersebut.

b. Pronomina Persona

Kata ganti untuk menggantikan orang. Pada pronomina persona, bagi kata ganti untuk orang tunggal, contohnya anda, saya, kamu. Sedangkan untuk orang jamak, contohnya kita, kalian.

5. Verba

Kaidah kebahasaan terakhir dalam teks prosedur, adalah verba atau kata kerja. Verba dalam teks prosedur terbagi menjadi dua macam, yakni:

a. Verba Material

Kata kerja berimbuhan yang mengacu pada sebuah tindakan atau perbuatan yang dilakukan secara fisik. Contohnya mengupas, mengiris, memaku, memotong, dan lain sebagainya. 

b. Verba Tingkah Laku

Kata kerja yang ditunjukkan lewat ungkapan. Verba ini juga dipahami sebagai kata kerja yang tidak tampak aktivitasnya. Contohnya menyukai, berpikir, dan menyetujui.

 

Contoh Teks Prosedur

Cara Membuat Paspor

Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Bagaimana cara mengurus paspor? Berikut ini cara mengurus paspor dengan baik dan benar:

1. Pertama, datang ke kantor imigrasi! Bisa datang ke kantor imigrasi yang tertera pada KTP kita atau kantor imigrasi terdekat.

2. Kemudian, beli formulir permohonan! Formulir permohonan ada di loket yang sudah disediakan. Isi dengan lengkap formulir tersebut sesuai dokumen yang Anda miliki dan bawalah dokumen yang asli!

3. Selanjutnya, serahkan formulir permohonan tadi ke loket pendaftaran!

4. Setelah itu, ambil tanda terima dan jadwal foto serta pengambilan sidik jari!

5. Jika sudah berfoto dan mengambil sidik jari, maka Anda sampai pada tahap wawancara dengan menunjukkan dokumen asli.

6. Setelah tahap wawancara usai, langkah berikutnya membayar buku paspor dan menandatangani buku paspor. Minta informasi kapan jadwal pengambilan paspor yang sudah selesai!


7. Pada tanggal yang telah ditentukan sebelumnya, kita dapat datang lagi untuk mengambil paspor yang telah jadi. Biasanya dalam waktu satu minggu paspor baru sudah selesai dan bisa diambil. 

Tugas.

Buatlah teks prosedur tentang cara membuat makanan favorit kalian

Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, dan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

 

    Pengertian, Ciri-ciri, Struktur, dan Contoh Teks Laporan Hasil Observasi



Teks laporan hasil observasi adalah teks yang memberikan informasi secara umum tentang sesuatu berdasarkan fakta dari hasil pengamatan secara langsung

Jadi, pengamatan atau biasa disebut observasi itu dilakukan oleh si pengamat dengan terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui sebuah informasi yang ada. Informasi itu bisa meliputi objek tentang keadaan alam, keadaan lingkungan, hewan, tumbuhan, sosial, sebuah peristiwa, kesenian dan kebudayaan.

Laporan Hasil observasi bersifat informatif, komunikatif, dan objektif karena memberikan sebuah informasi yang mudah dipahami oleh pembaca.

Setiap informasi yang didapat juga harus disajikan atau ditulis secara objektif dan sesuai fakta yang sebenarnya, tidak dibuat-buat atau tidak menurut opini sang penulis, serta dapat dibuktikan kebenarannya.


Ciri – Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

1. Ditulis secara lengkap dan sempurna.

2. Bersifat objektif, global, dan universal.

3. Objek yang akan dibicarakan atau dibahas adalah objek tunggal.

4. Ditulis berdasarkan fakta sesuai pengamatan yang telah dilakukan.

5. Informasi teks merupakan hasil penelitian terkini yang sudah terbukti kebenarannya.

6. Tidak mengandung prasangka/dugaan yang menyimpang atau tidak tepat.

7. Saling berkaitan dengan hubungan berjenjang antara kelas dan subkelas yang terdapat di dalamnya.

8. Tidak adanya bagian penutup dari penulis. Penulis hanya melaporkan apa yang dilihat dan diketahuinya berdasarkan hasil analisis serta observasinya.

9. Menitikberatkan pada pengelompokkan segala sesuatu ke dalam jenis-jenis dengan ciri atau keadaannya secara umum.

10. Disajikan secara menarik, baik kata, bahasa, isinya berbobot maupun susunannya logis.

11. Teks laporan hasil observasi menggambarkan sesuatu secara umum dan sesuai fakta, tanpa adanya opini penulis. 



Tujuan utamanya, yaitu untuk memberikan informasi secara objektif dan fakta yang ada di lapangan sesuai hasil pengamatan yang didapatkan.

Tujuan yang lainnya yaitu :

1. Untuk penelitian.

2. Untuk memberikan informasi terbaru.

3. Untuk mengatasi suatu persoalan.

4. Untuk menemukan teknik atau cara terbaru.

5. Untuk mengambil keputusan yang lebih efektif.

6. Untuk melakukan pengawasan dan/atau perbaikan.

7. Untuk mengetahui perkembangan suatu permasalahan.

 

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan observasi memiliki fungsi atau manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain, fungsinya:

1. Sebagai bahan penelitian

2. Sebagai sumber yang dapat dipercaya

3. Sebagai laporan tugas dan kegiatan pengamatan

4. Sebagai dokumentasi

5. Sebagai ilmu pengetahuan

6. Menjelaskan dasar penyusunan kebijaksanaan, keputusan dan/atau pemecahan masalah dalam pengamatan.

 

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi secara umum memiliki tiga struktur di antaranya:

1. Pernyataan Umum, yaitu terdapat pembukaan, berisi pembuka atau informasi secara umum hal yang akan disampaikan. Bagian ini berisi hal umum tentang objek yang akan dikaji, menjelaskan secara garis besar tentang objek tersebut.

2. Deskripsi Bagian, yaitu terdapat isi, rincian, pembahasan, dan penjelasan secara lebih detail.

3. Deskripsi Manfaat, yaitu berisi fungsi atau manfaat setiap objek yang diamati dalam kehidupan.

Kaidah Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Teks laporan hasil observasi sangat berkaitan dengan penelitian dan pengetahuan, maka hal ini termasuk ke dalam jenis teks formal yang mengharuskan bahasa yang baku atau sesuai kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar, serta mudah dipahami. Kaidah kebahasaan teks laporan hasil observasi di antaranya:

1. Menggunakan frasa nomina yang diikuti penjenis dan pendeskripsi.

2. Menggunakan verba relasional, seperti : ialah, merupakan, adalah, yaitu, digolongkan, termasuk, meliputi, terdiri atas, disebut, dan lain-lain (digunakan untuk menyatakan definisi pada istilah teknis atau istilah yang digunakan secara khusus pada bidang tertentu).

3. Menggunakan verba aktif alam, hal ini untuk menjelaskan perilaku, seperti : bertelur, membuat, hidup, makan, tidur, dan sebagainya.

4. Menggunakan kata penghubung, untuk menyatakan :

-Tambahan: dan, serta

-Perbedaan: berbeda dengan

-Persamaan: sebagaimana, seperti halnya, demikian halnya, hal demikian, sebagai, hal yang sama

-Pertentangan: sedangkan, tetapi, namun, melainkan, sementara itu, padahal berbanding terbalik

-Pilihan: atau

5. Menggunakan kalimat simpleks dan kompleks.

6. Penggunaan kalimat definisi dan kalimat deskripsi.

7. Menggunakan kata keilmuan atau teknis, seperti : herbivora, degeneratif, osteoporosis, mutualisme, parasitisme, pembuluh vena, leukimia, syndrom, phobia, dan lain-lain.


Langkah-langkah Menyusun Teks Laporan Hasil Observasi

Untuk menyusun teks laporan hasil observasi ada langkah-langkahnya, yaitu:

1. Tentukan objek yang akan kamu amati.

2. Susunlah jadwal observasi yang akan kamu kamu lakukan.

3. Lakukanlah observasi terhadap objek tersebut dengan menyiapkan pertanyaan atau poin-poin pengamatan terlebih dahulu.

4. Catatlah hasil observasimu dengan memerhatikan ketepatan isi, struktur dan kaidah kebahasaannya. Bila memungkinkan ambil foto dan videokan observasimu.

5. Meneliti kembali hasil penulisan teks, jika ada kalimat janggal atau salah penulisan, segera perbaiki kembali.


WAYANG



Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia. UNESCO, lembaga yang membawahi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Para wali songo, penyebar agama Islam di Jawa sudah membagi wayang menjadi tiga. Wayang kulit di timur, wayang wong atau wayang orang di Jawa Tengah, dan wayang golek atau wayang boneka di Jawa Barat. Penjenisan tersebut disesuaikan dengan penggunaan bahan wayang. Wayang kulit dibuat dari kulit hewan ternak, bisa berupa kerbau, sapi, atau kambing. Wayang wong berarti wayang yang ditampilkan atau diperankan oleh orang. Wayang golek adalah wayang yang menggunakan boneka kayu sebagai pemeran tokoh. Selanjutnya, untuk mempertahankan budaya wayang agar tetap dicintai, seniman mengembangkan wayang dengan bahan-bahan lain, antara lain wayang suket dan wayang motekar.

Wayang kulit dilihat dari umur, dan gaya pertunjukannya pun dibagi lagi menjadi bermacam jenis. Jenis yang paling terkenal, karena diperkirakan memiliki umur paling tua adalah wayang purwa. Purwa berasal dari bahasa Jawa, yang berarti awal. Wayang ini terbuat dari kulit kerbau yang ditatah, dan diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan, diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit yang terdiri dari: tuding dan gapit.

Wayang wong (bahasa Jawa yang berarti 'orang') adalah satu di antara pertunjukan wayang yang diperankan langsung oleh orang. Wayang orang yang dikenal di suku Banjar adalah wayang gung, sedangkan yang dikenal di suku Jawa adalah wayang topeng. Wayang topeng dimainkan oleh orang yang menggunakan topeng. Wayang tersebut dimainkan dengan iringan gamelan dan tari-tarian. Perkembangan wayang orang pun saat ini beragam, tidak hanya digunakan dalam acara ritual, tetapi juga digunakan dalam acara yang bersifat menghibur.

Selanjutnya, jenis wayang yang lain adalah wayang golek yang mempertunjukkan boneka kayu. Wayang golek berasal dari Sunda. Wayang ini disebut juga sebagai wayang thengul. Selain wayang golek Sunda, wayang yang terbuat dari kayu adalah wayang menak atau sering juga disebut wayang golek menak karena cirinya mirip dengan wayang golek. Wayang tersebut pertama kali dikenalkan di Kudus. Selain golek, wayang yang berbahan dasar kayu adalah wayang klithik. Wayang klithik berbeda dengan golek. Wayang tersebut berbentuk pipih seperti wayang kulit. Akan tetapi, cerita yang diangkat adalah cerita Panji dan Damarwulan. Wayang lain yang terbuat dari kayu adalah wayang papak atau cepak, wayang timplong, wayang potehi, wayang golek techno, dan wayang ajen.

Perkembangan terbaru dunia pewayangan menghasilkan kreasi berupa wayang suket. Disebut wayang suket karena wayang yang digunakan terbuat dari rumput yang dibentuk menyerupai wayang kulit. Wayang suket merupakan tiruan dari berbagai figur wayang kulit yang terbuat dari rumput (bahasa Jawa: suket). Wayang suket biasanya dibuat sebagai alat permainan atau penyampaian cerita pewayangan kepada anak-anak di desa-desa Jawa.

Dalam versi lebih modern, terdapat wayang motekar atau wayang plastik berwarna. Wayang motekar adalah sejenis pertunjukan teater bayang-bayang atau serupa wayang kulit. Namun, jika wayang kulit memiliki bayangan yang berwarna hitam saja, wayang motekar menggunakan teknik terbaru hingga bayang-bayangnya bisa tampil dengan warna-warni penuh. Wayang tersebut menggunakan bahan plastik berwarna, sistem pencahayaan teater modern, dan layar khusus.

Semua jenis wayang di atas merupakan wujud ekspresi kebudayaan yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai kehidupan antara lain sebagai media pendidikan, media informasi, dan media hiburan. Wayang bermanfaat sebagai media pendidikan karena isinya banyak memberikan ajran-ajaran kehidupan kepada manusia. Pada era modern ini, wayang juga banyak digunakan sebagai media informasi. Ini antara lain dapat kita lihat dari pagelaran wayang yang disisipi informasi tentang program pembangunan seperti keluarga berencana (KB), pemilihan umum, dan sebagainya.Yang terakhir, meski semakin jarang, wayang masih tetap menjadi media hiburan.

fiorentia viviane lesmana