Pengikut

Senin, 14 Februari 2022

SURAT LAMARAN

 

Konsep Surat Lamaran Kerja

Fungsi surat lamaran kerja? adalah surat formal yang ditulis oleh pelamar dan ditujukan buat perusahaan yang dilamar.

.Surat Lamaran Kerja - Materi Bahasa Indonesia Kelas 12 49


Ada unsur-unsur yang penting dalam membuat surat lamaran pekerjaan antara lain:

1. Perkenalan diri

Sebutkan nama, alamat, pendidikan terakhir, no hp, email, status

2.  Tujuan yang jelas

Sebutkan posisi yang diharapkan

3.  Elemen kebahasaan

Gunakan bahasa penulisan yang sopan dan resmi,  baik dan benar ya!

Struktur Lamaran Kerja


Surat Lamaran Kerja - Materi Bahasa Indonesia Kelas 12 50

Berikut  hal penting  yang harus ada di dalam surat lamaran kerja berbentuk fisik.

1. Titimangsa

 titimangsa adalah tempat dan tanggal pembuatan surat. Tulis di bagian pojok kanan atas ya.

2.  Hal dan Lampiran

Isi bagian “Hal” dengan tulisan “Surat lamaran kerja.” Atau misalnya,  mau ngelamar kerja buat posisi Tutor Bahasa Indonesia. Isi aja bagian “Hal” dengan “Lamaran Kerja Tutor Bahasa Indonesia”.

Lampiran yaitu berapa lembar berkas lamaran kerja yang di sertakan.  Misalnya,  ngelampirin fokotopi KTP, fotokopi ijazah, SIM, Kelakuan baik, Keterangan sehat, pencari kerja, keterangan pengalaman kerja, piagam-piagam pas foto,  dan curriculum vitae. Kan ada 10 berkas tuh. Yaudah, isi Lampiran dengan tulisan “empat lembar”. Tinggal disesuaikan aja deh sama jumlah berkas yang di lampirkan.

Catatan: Nulis berapa lembarnya pakai huruf ya, kayak “empat lembar”, jangan “4 lembar”.

3.  Alamat yang dituju

Tulis kepada siapa surat lamaran itu  tujukan dan di mana alamatnya. bisa tujukan surat itu ke HRD perusahaan tersebut.

 “Yth. Manager….” 

Catatan: Jangan nulis alamat yang dituju lebih dari tiga baris.

4.  Salam Pembuka

 Bisa memberikan salam pembuka dengan menulis “Dengan hormat,”. Jangan lupa pakai koma, bukan titik!

5.  Isi

Isi surat lamaran kerja fisik terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  • Dasar pelamar

Jelasin mau ngelamar kerja sebagai apa dan dapat info lowongan kerja itu dari mana.

  • Identitas dan daftar lampiran

Tulis biodata singkat  seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pendidikan terakhir, alamat, nomor telepon, dan e-mail. Bagian ini penting banget  cantumin. Soalnya, kalau misalnya perusahaan ingin ngasih info  diterima apa nggak, mereka udah tahu alamat  di mana atau kontak  berapa.

  • Penutup

Tutup isi surat dengan mengucapkan terima kasih kepada orang yang  kirimin surat. 

6.  Salam Penutup

bisa menggunakan “Hormat saya,” sebagai salam penutup. Inget ya, akhiri dengan koma, bukan titik.

7.  Tanda Tangan dan Nama Lengkap

Bubuhkan tanda tangan dan tulis nama lengkap Jangan disingkat namanya.

Membuat Cover Letter melalui E-mail

Tadi kita udah belajar tentang struktur surat lamaran kerja dalam bentuk fisik. Terus, gimana cara bikin surat lamaran kerja (cover letter) yang dikirim melalui e-mail?

Kalau  mau ngirim surat lamaran kerja via e-mail, ada beberapa hal yang perlu perhatiin:

  1. Isi subject e-mail. Jangan sampai kelewatan ngisi ini! Karena bakal rugi banget kalau iya. Soalnya, ada banyak orang yang ngelamar di berbagai posisi. Kalau  nggak ngisi subject, e-mail lo bisa-bisa nggak bakal dibaca, atau bahkan dianggap spam. Selain itu, isi subject jangan terlalu umum atau terlalu panjang. Kalau ada formatnya, ikutin aja formatnya, seperti “Posisi yang dilamar – Nama lengkap”.
  2. Harus ada badan e-mail. Kalau cuma ngelampirin surat lamaran dan CV,  kelihatan nggak profesional. Isi badan e-mail seperti surat lamaran.
  3. Alamat e-mail profesional. Jangan pakai nama alay. Cukup nama asli aja.
  4. Dokumen lampiran. Jangan lupa buat ngelampirin dokumen yang diminta, seperti surat lamaran kerja, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah, dan lain-lain. Kasih nama file dengan jenis dokumennya, ditambah dengan nama Ukuran file-nya juga jangan gede-gede ya.
Surat Lamaran Kerja - Materi Bahasa Indonesia Kelas 12 51
Ilustrasi membuat cover letter via e-mail. (Foto: Zenius Education)

Nah, sekarang saatnya belajar tentang cara menulis cover letter atau surat lamaran kerja melalui e-mail. Ada tiga bagian penting dalam menulis cover letter via e-mail:

  1. Paragraf pembuka

Isi dengan pengalaman kerja, pengalaman organisasi, dan keterampilan  yang nyambung sama kerjaan yang  lamar.

  1. Paragraf kedua

Isi dengan alasan kenapa  tertarik buat daftar lowongan tersebut. Kaitkan dengan skill yang kamu punya dengan pengalaman kerja sebelumnya. kamu juga bisa nunjukin pencapaian yang pernah kamu dapatkan, yang nyambung sama pekerjaan yang kamu lamar.

Terus, gimana kalau belum ada pengalaman kerja? Ya tulis aja, Saya ingin belajar di perusahaan ini dan saya ingin mengembangkan skill.

Dan yang paling penting banget, jangan isi dengan “Saya merupakan orang yang mudah bergaul dan beradaptasi”, “Saya bisa bekerja sama dalam tim”, dan semacamnya. Itu nggak perlu dan nggak berlaku buat masuk ke dalam surat lamaran kerja. Fokus ke skill yang yang kamu punya dan apa yang bisa kamu lakukan dalam pekerjaan yang kamu lamar dengan skill tersebut.

3.  Paragraf penutup

Tutup dengan ucapan terima kasih kepada recruiter. Setelah lkamu menuliskan terima kasih, jangan lupa ngasih salam penutup dan nama lengkap.


Intinya, menulis surat lamaran kerja itu nggak usah terlalu panjang. Cukup singkat aja, asal udah memuat tiga bagian:

  • Pembuka, memperkenalkan diri kepada recruiter;
  • Minat kamu dan kaitkan dengan skill dan pengalaman yang kamu punya; dan
  • Apa aja harapankamudan ucapkan terima kasih. Jangan lupa juga tanda tangan kamudi bawahnya.

Ciri Kebahasaan Surat Lamaran Kerja

  1. Menggunakan bahasa baku

 Gunakan bahasa yang sesuai dengan EYD. Jangan sampai pakai bahasa santuy atau bahasa akrab kayak sama temen . Pastikan juga kalimatnya efektif.

  1. Menggunakan bahasa Indonesia, bukan bahasa daerah

 jangan pakai bahasa daerah juga ketika nulis surat lamaran kerja. Inget, kuncinya adalah pakai bahasa Indonesia yang resmi.

  1. Tidak berlebihan

Maksudnya, jangan menggunakan kata yang melebih-lebihkan sesuatu. Misalnya, “Saya merupakan lulusan Universitas Dunia Mimpi, universitas terbaik di Indonesia.” Nggak usah kamu jelasin kalau kampus kamu universitas terbaik.

  1. Tidak perlu mencantumkan prestasi

Sebenarnya, ada beberapa yang mencantumkan prestasi di surat lamaran kerja. Tapi, mendingan prestasi itu kamu tulis aja semuanya di curriculum vitae deh.

  1. Tidak memaksa

Jangan sampai kamu  memaksa perusahaan yang kamu lamar. “Maksa gimana maksudnya?” Misalnya di bagian penutup, kamu nulis “Mohon Bapak/Ibu segera memberikan jawaban.” Itu kan maksa banget. kamu nggak perlu nulis kayak gitu karena nggak sopan juga.

  1. Jelas mengucapkan penerima surat

Di bagian penutup surat kan biasanya ada kalimat, “Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.” Nah, atas perhatiannya siapa? Sebutkan dengan jelas, seperti “Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.” Atau kalau kamu udah tahu nama penerima surat  boleh nulis namanya.

Kalau diringkas, ragam bahasa formal yang harus kamu perhatikan dalam nulis surat lamaran kerja antara lain:

  • simpel alias nggak bertele-tele;
  • jelas menyebutkan informasi (dapat info loker dari mana, posisi apa yang mau dilamar, lulusan mana, dan sebagainya);
  • sopan;
  • berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Penulisan Surat Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja - Materi Bahasa Indonesia Kelas 12 52

Oke, sekarang kita udah sampai ke praktiknya. Sebelum bikin surat lamaran kerja, kamu harus tahu dulu:

  1. Posisi dan tempat kerja yang dituju pelamar;
  2. Identitas singkat pelamar; dan
  3. Struktur surat lamaran kerja.

Sekarang, gue jelasin sambil gue kasih contoh sekalian ya.

Jadi, gue punya temen namanya Putri Siputro. Putri mau ngelamar kerja jadi Tutor Bahasa Indonesia di PT Zenius Education. Dia minta bantuan gue buat bikin surat lamaran kerja. Putri punya berkas berupa curriculum vitae (1 lembar)fotokopi KTP (1 lembar), fotokopi ijazah (1 lembar), pas foto ukuran 4×6 (1 lembar), dan transkrip nilai (1 lembar).

So, bantu gue juga yuk buat bikin surat lamaran kerjanya Putri!

Langkah pertama, apa posisi dan tempat kerja yang dituju pelamar. Di sini, kita udah dapat jawaban. Putri mau ngelamar sebagai tutor bahasa Inonesia di PT Zenius Education.

Langkah kedua, indentitas singkat pelamar. Putri udah ngasih gue data dirinya sebagai berikut:

Nama: Putri Siputro

Tempat, tanggal lahir: Jakarta, 31 Agustus 1996

Agama: Islam

Pendidikan terakhir: S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Alamat: Jalan Panjang Menuju Langit Biru, nomor 33A, Jakarta Selatan

Nomor ponsel: 081322334455

Nah, gimana caranya kita menggunakan data-data tersebut ke dalam surat lamaran kerja?

Yuk, langsung ke langkah ketiga, yaitu masukin data-data sesuai struktur surat lamaran kerja. Tadi, gue udah jelasin tujuh unsur penting dalam struktur lamaran kerja. Langsung aja kita praktikkin!

1.  Titimangsa

Jakarta, 12 November 2021. Jangan lupa kasih tanda baca (,) untuk memisahkan letak geografis (Jakarta) dan waktu (12 November 2021).

2.  Hal dan Lampiran

Hal: Lamaran Kerja Tutor bahasa Indonesia

Terkait lampiran, tadi kan udah disebutkan bahwa berkas yang dilampirkan Putri berupa curriculum vitae (1 lembar)fotokopi KTP (1 lembar), fotokopi ijazah (1 lembar), pasfoto 4×6 (1 lembar), dan transkrip nilai (1 lembar). Jadi…

Lampiran: lima lembar

3.  Alamat yang dituju

Yth. HRD PT Zenius Education

Jalan H. Rasuna Said Kav. 3

Jakarta Selatan

4.  Salam Pembuka

“Dengan hormat,”

5.  Isi Surat

Nah, kan isi surat terdiri dari tiga bagian tuh. Isi aja sesuai struktur surat lamaran kerja yang udah gue jelasin di awal-awal tadi.

  • Dasar pelamar

Berdasarkan iklan lowongan kerja di zeniuskarier.com tentang lowongan pekerjaan sebagai tutor bahasa Indonesia, saya yang bertanda tangan di bawah ini,

  •  Identitas dan daftar lampiran

nama                        : Putri Siputro

tempat, tanggal lahir  : Jakarta, 31 Agustus 1996

agama                      : Islam

pendidikan terakhir : S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

alamat                      : Jalan Panjang Menuju Langit Biru, nomor 33A, Jakarta Selatan

nomor ponsel           : 081322334455

mengajukan lamaran sebagai tutor bahasa Indonesia di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan sebagai berikut,

1. satu lembar daftar riwayat hidup;

2. satu lembar fotokopi ijazah;

3. satu lembar fotokopi transkrip nilai;

4. satu lembar pas foto ukuran 4×6 cm; dan

5. satu lembar fotokopi KTP.

6. photocopy kelakuan baik

7.photocopy kartu kuning pencari kerja

8. photocopy kartu keterangan sehat

9. CV

10. photocopy surat pengalaman kerja

Catatan: Kenapa huruf awal nama, tempat, agama, pendidikan, alamat, dan nomor ponsel di atas nggak kapital, tapi kecil? Karena di atasnya ada tanda baca (,) jadi selanjutnya ya pakai huruf kecil, kecuali jika itu nama orang, tempat, bulan, dan alamat. Selain itu, setiap dokumen dipisahkan dengan titik koma (;) untuk memisahkan klausa.

  • Penutup

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan. Besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.

6.  Salam penutup

“Hormat saya,” ditulis bagian kanan bawah surat.

7.  Tanda tangan dan nama lengkap

Putri Siputro (dengan tanda tangan di atasnya). Posisi tanda tangan dan nama lengkap berada di bawah salam penutup.

Apa Aja yang Harus Ditulis di CV (Curriculum Vitae)?

 Curriculum vitae atau CV. CV jadi hal penting yang perlu dipersiapkan buat ngelamar kerja. Melalui dokumen ini, kamu bisa nunjukin bagaimana diri kamu dan apa kemampuan kamu. Perusahaan bisa mempertimbangkan apakah kamu cocok dengan posisi yang kamu lamar.

Surat Lamaran Kerja - Materi Bahasa Indonesia Kelas 12 53
Ilustrasi resume. (Foto: Pixabay)

Hal yang harus kamu tulis di CV antara lain:

  1. Data diri.  Bisa masukin nama lengkap, alamat, e-mail, dan nomor telepon. Jangan masukin hal yang terlalu pribadi, kayak hobi, makanan, minuman, karena nggak penting.
  2. Pendidikan. kamu nggak perlu masukin riwayat pendidikan  dari playgroup atau TK. Cukup masukin pendidikan terakhir dan jurusan yang kamu ambil. Kamu  juga bisa nambahin pendidikan nonformal atau kursus yang mendukung pekerjaan yang Kamu lamar.
  3. Pengalaman kerja. Kasih tahu apa aja pekerjaan yang pernah kamu lakuin, baik freelance maupun full time. Kalau seumpama kamu baru seger-segernya lulus dari sekolah atau kuliah,  bisa masukin pengalaman organisasi tertentu maupun kepanitiaan yang pernah kamu ikutin.
  4. Keterampilan. Kasih tahu keterampilan apa aja yang kamu miliki, entah itu bahasa asing, pemrograman, editing, desain, dan lain-lain. Hindari menulis keterampilan seperti “Kemampuan komunikasi yang baik”, “Dapat bekerja dalam tim”, dan semacamnya, karena itu nggak terlalu dipentingin dan nggak relevan juga dengan kerjaan.
  5. Training, sertifikasi, atau pelatihan yang pernah kamu ikutin. Dengan nyantumin info ini, kamukelihatan kayak orang yang suka belajar dan punya pengetahuan yang lebih luas.
  6. Prestasi. Kalau kamu pernah ikut lomba yang nyambung sama posisi yang kamu lamar dan dapat juara, masukin aja ke dalam CV. Prestasi ini bisa menambah nilai jual kamu terhadap perusahaan yang kamu lamar. kamu juga bisa masukin ekskul, kegiatan kemasyarakatan atau kerelawanan yang pernah kamu ikuti.

Terus, apa bedanya CV sama resume?

Sebenarnya, CV sama resume itu 11:12 sih, isinya ya sama-sama tentang data diri, cuma emang ada perbedaan.

Bentuk resume lebih ringkas daripada CV. Resume cukup satu halaman aja, sedangkan CV bisa 2-3 halaman. Info yang ditonjolkan di dalam resume antara lain pendidikan, pengalaman, dan skill yang relevan dengan posisi yang kamulamar.

Misalnya kamu daftar jadi tutor bahasa Indonesia, sedangkan kamu waktu SMA pernah menang lomba ngelukis. Jadi, nggak usah masukin prestasi kamu itu ke resume, karena nggak relevan. Kalau di CV sih boleh-boleh aja.

Beda kasus kalau kamu ngelamar posisi desainer grafis, animator, dan pekerjaan yang berhubungan dengan menggambar. Juara melukis kamu justru akan jadi nilai plus. Intinya, kalau kalau bikin resume, kamu  harus menyesuaikan prestasi dan pengalaman dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Cek baik-baik info di lowongan pekerjaan tersebut, apakah perusahaan minta CV atau resume. Kalau nggak ada ketentuan, ya udah terserah kamu mau pakai yang mana. Selain itu, pastikan nggak ada typo di resume atau CV lo.

Apakah resume atau CV boleh warna-warni?

Kalau posisi yang kamu lamar berhubungan dengan industri kreatif atau desain, kamu bisa banget desain resume atau CV kamu sekreatif mungkin. Tapi, kalau posisi yang kami lamar nggak berhubungan sama kreativitas, ya bikin desain yang sederhana aja. Yang penting adalah isi CV atau resume tersebut. 

Contoh Soal dan Pembahasan

Tadi kita udah belajar banyak tentang surat lamaran kerja. Yuk, coba simak contoh soal di bawah ini. Kira-kira, apa ya isinya?

Perhatikan bagian dari surat lamaran berikut ini!

Surat Lamaran Kerja - Materi Bahasa Indonesia Kelas 12 54
Contoh soal. (Foto: Zenius Education)

Isian yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah…

A. Kepada

Yth. Ibu Karina Andini

Manajer Personalia

PT Memory Box Photography

Jalan Minangkabau No. 31 Jakarta

B. Kepada

Yth. Bapak Jaya Subagio

Manajer Personalia

PT Memory Box Photography

Jalan Minangkabau No. 31 Jakarta

C. Dengan hormat,

Sehubungan dengan iklan Bapak/Ibu pada Harian Bintang yang terbit pada 8 Januari 2019, saya mengajukan surat lamaran untuk posisi fotografer.

D. Yth. Ibu Mariana Dianti

Manajer Personalia

PT POTO POTO

Jalan Patriot No. 7 Bandung

E. Dengan hormat,

Sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini saya lampirkan daftar riwayat hidup, ijazah terakhir, dan sertifikat lainnya.

Pembahasan

Bagian titik-titik di soal tersebut adalah bagian alamat surat yang dituju. Jadi, opsi C dan E langsung coret ya, karena C merupakan salam pembuka sekaligus dasar pelamar, sedangkan E adalah salam pembuka sekaligus daftar lampiran.

Sekarang tinggal opsi A, B, dan D. Yuk, kita lihat lagi.

Tadi sebelumnya udah gue jelasin, kalau dalam alamat yang dituju, lo harus milih satu di antara dua pilihan: “Kepada….” atau “Yth…..” Jangan masukin dua-duanya, karena nanti jadinya nggak baku.

Coba kita lihat. Opsi A dan B salah, karena “Kepada” dan “Yth.” dimasukin semua. Sementara itu, opsi D hanya menggunakan “Yth….” yang diikuti dengan tujuan surat lamaran tersebut.

Jadi, jawaban yang benar adalah: D.

Oh iya, dalam penulisan surat yang dituju, terdapat aturan-aturan sebagai berikut:

  1. Tidak perlu memakai kata kepada karena sudah ada Yth.
  2. Penulisan “yang terhormat” saat disingkat bisa ditulis menjadi “Yth.” (diakhiri tanda titik).
  3. Penulisan “pt” ditulis kapital menjadi “PT” tanpa diakhiri tanda titik.
  4. Penulisan “jalan” bisa disingkat “jln,” tetapi lebih baik tidak disingkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fiorentia viviane lesmana