Pengikut

Senin, 21 Maret 2022

28. TEKNIK PROMOSI BUKU

 Nama                : Lilis Ernawati

Pertemuan        :    28
Waktu              :  Senin, 21 Maret 2022 
Pukul                : 19.00  wib s.d selesai
Moderator        : Ibu Widya Setianingsih
Narasumber     : Akbar Zaenudin
Judul                : Teknik Promosi Buku

Kuliah malam ini akan dibawakan oleh narasumber Bapak AKBAR ZAINUDIN, MM. MJW. Seorang trainer dan motivator nasional, pendiri PT. EMJEWE Training & Coaching serta perusahaan penerbitan MJW group. Penulis 13 buku motivasi . Buku terbaru beliau adalah The Power of Man Jadda Wajada. Semacam penyempurnaan dari Man Jadda Wajada seri pertama. Sudah cetakan ke-13 sudah beredar 55.000 eksemplar. Masyaallah luarrrr biasooo!!! Beliau menulis 15 buku dari tahun 2010 sampai sekarang. profesinya penulis, trainer, dan juga youtuber

Buku beliau  tentang menulis adalah UKTUB; Panduan Menulis Buku dalam 180 hari. Ini buku panduan menulis dari A sampai Z. Saya sarank…



http://akbarzainudin.com/tentang/buku-ke8-uktub-panduan-lengkap-menulis-buku-dalam-180-hari/

https://youtu.be/lZhAixv86wA



Selamat malam pak, bagaimana teknik promosi yang paling pas untuk pemula. 

Saya belum pernah menulis, saya tidak memiliki penggemar, tulisan saya juga tidak bagus bagus amat menurut saya. 

Kemarin saya cetak buku, kurang ada yang berminat pak. 

Karena tujuan utama saya menulis memang untuk menyalurkan hobi saja🙏

[20.10, 21/3/2022] Akbar Zainudin Penulis Mjw: N

[20.10, 21/3/2022] Pgri Ibu Widya: P3

Assalamualaikum pak. Saya Rahma. 


Yang mau saya tanyakan. 

Bagaimana caranya karya kita bisa booming dan di terima pasaran?

[20.15, 21/3/2022] Akbar Zainudin Penulis Mjw: N

[20.15, 21/3/2022] Pgri Ibu Widya: Okay pak

[20.15, 21/3/2022] Pgri Ibu Widya: P3


Frans Fernandez dari SMPN 1 Praya Lombok Tengah Prov NTB, Gelombang 23. Bertanya:


1. Syarat utama promosi buku kita adalah percaya diri. Bagaimana memupuk percaya diri kita ini. Jujur kadang setiap saya ikut motivasi seperti ini. Semangat saya luar biasa. Namun setelah buku saya jadi, masalah pun tiba.


Mohon motivasi berdasarkan pengalaman pertama Bapak 'menjual' bukunya. Karena intinya tidak semua dari kita memiliki suatu 'peran besar' di lingkungan kita. Baik di kantor/sekolah maupun tempat tinggal (pondok Pesantren, Gereja, RT, Desa, Ormas, dsb )


2. Untuk penentuan harga buku, sebenarnya apa saja 'Panduan Harga' nya. Apakah berdasarkan harga penerbit ditambah sedikit dengan harga kita?


3. Untuk salah satu cara kita promo yaitu seminar, tentu biaya…

[20.16, 21/3/2022] Pgri Ibu Widya: P4

[19.27, 21/3/2022] Akbar Zainudin Penulis Mjw: Hehehe... Saya itu sekarang profesinya penulis, trainer, dan juga youtuber....

[19.30, 21/3/2022] Pgri Ibu Widya: Kereeen Pak,... Semoga Sukses jadi youtuber yg kontennya bermangaat💪🏻💪🏻

[19.31, 21/3/2022] Pgri Ibu Widya: Eh bermanfaat🤭

[19.39, 21/3/2022] Akbar Zainudin Penulis Mjw: 5 menit lagi saya tambahkan penjelasan ya...

[20.05, 21/3/2022] Akbar Zainudin Penulis Mjw: N

[20.05, 21/3/2022] Pgri Ibu Widya: P2

Selamat malam pak, bagaimana teknik promosi yang paling pas untuk pemula. 

Saya belum pernah menulis, saya tidak memiliki penggemar, tulisan saya juga tidak bagus bagus amat menurut saya. 

Kemarin saya cetak buku, kurang ada yang berminat pak. 

Karena tujuan utama saya menulis memang untuk menyalurkan hobi saja🙏

[20.10, 21/3/2022] Akbar Zainudin Penulis Mjw: N

[20.10, 21/3/2022] Pgri Ibu Widya: P3

Assalamualaikum pak. Saya Rahma. 


Yang mau saya tanyakan. 

Bagaimana caranya karya kita bisa booming dan di terima pasaran?

[20.15, 21/3/2022] Akbar Zainudin Penulis Mjw: N

[20.15, 21/3/2022] Pgri Ibu Widya: Okay pak

[20.15, 21/3/2022] Pgri Ibu Widya: P3


Frans Fernandez dari SMPN 1 Praya Lombok Tengah Prov NTB, Gelombang 23. Bertanya:


1. Syarat utama promosi buku kita adalah percaya diri. Bagaimana memupuk percaya diri kita ini. Jujur kadang setiap saya ikut motivasi seperti ini. Semangat saya luar biasa. Namun setelah buku saya jadi, masalah pun tiba.


Mohon motivasi berdasarkan pengalaman pertama Bapak 'menjual' bukunya. Karena intinya tidak semua dari kita memiliki suatu 'peran besar' di lingkungan kita. Baik di kantor/sekolah maupun tempat tinggal (pondok Pesantren, Gereja, RT, Desa, Ormas, dsb )


2. Untuk penentuan harga buku, sebenarnya apa saja 'Panduan Harga' nya. Apakah berdasarkan harga penerbit ditambah sedikit dengan harga kita?


3. Untuk salah satu cara kita promo yaitu seminar, tentu biaya…

[20.16, 21/3/2022] Pgri Ibu Widya: P4

[20.26, 21/3/2022] Akbar Zainudin Penulis Mjw: N

[20.26, 21/3/2022] Pgri Ibu Widya: P5


Assalamualaikum 

Selamat malam Pak Akbar Zainudin 



Saya Bu Siti Rohani 

Gelombang 23

SMP Negeri I Kalirejo Lampung Tengah 


Setelah mengikuti grup menulis ini sudah ada beberapa ide menulis buku solo yang berhubungan dengan pendidikan 

Cara mencari buku referensi secara On Line bagaimana 

Terimakasih. 

Wassalamualaikum.

[20.29, 21/3/2022] Akbar Zainudin Penulis Mjw: Mencari di Google:


Jurnal+apa yang dicari fileytipe:pdf

[20.29, 21/3/2022] Akbar Zainudin Penulis Mjw: N

[20.30, 21/3/2022] Pgri Ibu Widya: Sepertinya para peserta lagi lembur buku solo nee pak. 

Belum ada pertanyaan lagi yang masuk🙏

[20.31, 21/3/2022] Akbar Zainudin Penulis Mjw: Kita tunggu 5 menit lagi. Setelah itu kita closing.

[20.31, 21/3/2022] Pgri Ibu Widya: Baik, siap pak💪🏻

[20.35, 21/3/2022] Akbar Zainudin Penulis Mjw: Baiklah, kelihatannya tidak ada lagi yang bertanya. Saya akan berikan catatan penutup ya..

[20.35, 21/3/2022] Akbar Zainudin Penulis Mjw: Bapak Ibu sekalian, 


Sebagai catatan penutup,


Saya melakukan 7 strategi pemasaran buku di atas. Jadi, bukan hanya teori, tetapi semuanya sudah dilakukan. Lalu kalau ditanya mana yang paling mengena, setiap program kita mempunyai fungsi dan tujuan yang berbeda. 


Update status di IG, FB, dan YouTube biasanya akan lebih banyak membuat orang tahu. Nah, transaksi terjadi di WA. Jadi, cara kita menjawab di WA juga sangat berpengaruh. 


Yang juga penjualannya banyak adalah saat kita mengadakan acara, baik online maupun offline. Sehabis seminar,a biasanya orang tertarik dengan apa yang kita bicarakan, lalu membeli buku kita. 


Jadi, sebelum seminar saya selalu pikirkan program apa yang saya buat khusus buat seminar yang akan saya selenggarakan. Seperti malam ini,…

[20.35, 21/3/2022] Pgri Ibu Widya: Iya siiap

[20.36, 21/3/2022] Pgri Ibu Widya: Naah sobat, tuntas sudah kita belajar malam ini. 

Semoga menambah wawasan kita tentang marketing dan promosi buku. 


Kepada Bapak Akbar, kami sampaikan rasa terimakasih. Karena Bapak malam ini menjadi bertabur semangat, 

karena inspirasi dari Bapak malam ini, menjadikan kami ingin mengikuti jejak langkah Bapak. 

Semoga Allah selalu meridhoi langkah sukses Bapak. Sehat selalu ya Pak... 🙏🙏🙏

[20.38, 21/3/2022] Pgri Ibu Widya: Yang menginginkan mentoring dan buku UKTUB, bisa japri bapak Akbar yaa

[20.41, 21/3/2022] Pgri Ibu Widya: Naah sobat, bagaimana sudah siap mempromosikan karya kita? 

Pertanyaannya apakah kita sudah siap menggelar 'dagangan' kita??? 

Jangan-jangan kita malah belum punya 'dagangan' berupa karya. 


Masih ragu untuk menulis buku??? 

Aihh kita sudah berada diujung kelas loh. Ibaratnya sedikit lagi kita akan diwisuda. 


Seperti ungkapan saya diatas, Ibarat memasak makanan. Mulai cara memilih bahan yang baik, mengolahnya, menyajikan dan memasarkannya telah kita pelajari bersama di kelas ini. 


Semuanya kembali pada kita masing-masing. Sudah siapkah kita memasak karya kita, dan menyajikannya? 

Lagi.. Lagi.. Ini sebuah pilihan. 

Dan hanya orang bijak yang bisa menentukan pilihan terbaiknya. 

🤷🏻‍♀️🤷‍♂️🤷🏻‍♀️🤷‍♂️🤷🏻‍♀️🤷‍♂️



“Semua harus ditulis, apa pun. Jangan tak…

[20.43, 21/3/2022] Pgri Ibu Widya: Demikianlah sobat kelas kita malam ini. 


Kelas  tanpa sekat dan batas akan segera berakhir. Bersiaplah untuk menjadi 'Wisudawan' yang berprestasi. 


Genggam semua ilmu yang telah kita dapati selama ini, untuk menjadi bekal berkarya demi keabadian diri kita sendiri. 

Jangan lupa karya solo selalu dinanti. 

Semangatsss💪🏻💪🏻💪🏻


Dan saya yang tak bijak ini, mohon undur diri. 🙏🙏🙏


Mohon maaf jika selama ini membersamai sahabat di setiap kelas, saya mempunyai kekurangan dan kesalahan. 

Uluran maaf setulus hati, bagi kesalahan yang mungkin tak sengaja melukai. 


Pesan saya: 

Jangan pernah patahkan ikatan persaudaraan yang selama ini kita bangun dengan rasa saling berbagi, memotivasi.


Mari bergandengan tangan untuk menyemarakkan literasi di negeri tercinta. Bersama kita pasti bisa menebar warna indah dalam goresan karya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

fiorentia viviane lesmana