GAMIFIKASI PENILAIAN PEMBELAJARAN
MELALUI QUIZIZZ
Moderator : Ibu Rifatun
Narasumber : M. Farid Ubaidillah
Sebelum kegiatan dimulai, Pak Farid mempersilakan semua peserta zoom untuk mengklik
link ; https://quizizz.com/join?gc=771993
To play with game
Join my quiz.com
enter game code
771993
Start
Kegiatan diawali dengan pertanyaan :
Dari daerah mana Bapak/Ibu berasal?
Quizizz selain bisa untuk quiz, bisa juga untuk presentasi.
Pertanyaan kedua : Mengajarnya dari Jenjang apa?
Apa itu gamifikasi pendidikan? gamifikasi adalah penerapan elemen game dan teknik desain game digital ke dalam pembelajaran
Penilaian pelajaran ? penilaian adalah pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik
Gamifikasi adalah sebuah metode pembelajaran yang menerapkan dinamika dan mekanika gim demi meningkatkan kualitas luaran pembelajaran. Sederhananya, gamifikasi adalah suatu teknik yang memasukkan unsur-unsur gim ke dalam bidang lain.
Belajar terkadang terasa sangat tidak menyenangkan dan membosankan. Materi yang banyak membuat kita tidak fokus. Apalagi di masa pembelajaran daring, perubahan proses pembelajaran yang tiba-tiba menyebabkan ketidakefisienan pada pembelajaran secara daring. Tidak hanya itu, banyak pendidik yang gagap dengan pembelajaran daring sehingga pembelajaran seringkali dilakukan dengan pemberian tugas,sementara peserta didik belum mampu belajar secara mandiri.
Karena masalah itulah, diperlukan sebuah metode pembelajaran yang lebih terstruktur dan terencana. Gamifikasi bisa menjadi salah satu solusi, belajar jadi lebih menyenangkan dan menantang.
Gim adalah bidang pertama yang merangkul human focused design. Gim menjadi menarik karena tidak memaksakan penggunanya. Banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk bermain gim hanya untuk merasakan “experience”.
Beberapa elemen gamifikasi yang bisa diterapkan dalam dunia pendidikan, misalnya:
- Konteks belajar (contoh kasus di dunia nyata)
- Jalan cerita yang terstruktur sehingga informasi terbuka sedikit demi sedikit seiring proses belajar. Hal ini bisa dilakukan dengan konsep level.
- Dadu untuk memberikan pengalaman pengambilan peluang sehingga membuat variasi jalan cerita, unpredictability, dan misteri.
- Rewards berupa points maupun digital badges untuk menunjukkan capaian
- Avatar untuk representasi diri
- Challenge untuk membangkitkan tantangan
- Miniquest untuk mendorong keingintahuan
- Karakter untuk menunjukkan personality
- point
- level
- badges
- leaderboard
- Belajar lebih menyenangkan
- mendorong siswa untuk menyelesaikan aktivitas pembelajarannya
- membantu siswa lebih fokus dan memahami materi yang sedang dipelajari
- memberikan kesempatan untuk berkompetisi, bereksporasi dan berprestasi dalam kelas
- menghilangkan ketegangan saat melakukan ulangan/ujian
- kahoot!
- Baambeezle
- educand
- quizizz
- interaktif dan menyenangkan
- dapat digunakan secara gratis
- 70 juta pengguna aktif di dunia
- 8 juta pengguna aktif di Indonesia
- tersedia menu bahasa indonesia
- jutaan kuis publik dengan semua mapel
- mode permainan yang beragam
- mudah digunakan
- dapat digunakan di laptop/hp/tab
- fitur teleport
- laporan yang otomatis dan lengkap
- kuis dan presensi dapat dicetak
- terintegrasi dengan google classroom
- terdapat kalkulator matematika
- ketik quizizz.com
- login/getstart
- continu wit google
- klik school
- klik techer agar kita bisa membuat quiz
- klik, keluar tulisan, anda sudah memiliki akuh quizizz
Tidak ada komentar:
Posting Komentar