PERAN GURU DALAM MERDEKA BELAJAR
MELALUI PEMBENTUKAN SISWA BERKARAKTER SALIH, ALIM, AMIL
Dalam hal ini, guru tidak hanya mengajarkan pendidikan formal, tapi juga pedidikan lainnya dan bisa menjadi sosok yang diteladani oleh para muridnya. Dari penjelasan tersebut, maka kita dapat memahami bahwa peran guru sangat penting dalam proses menciptakan generasi penerus yang berkualitas, baik secara intelektual maupun akhlaknya.
Photo ini merupakan kegiatan mukhoyam di sekolah kami, MAS Miftahul Anwar Bayongbong. Mukhoyam atau kemah bakti yang dilaksanakan di outdoor dengan tujuan untuk melatih fisik dan mental serta menumbuhkan semangat bela agama dan bangsa. Namun, di sekolah kami lebih memfokuskan pada kegiatan hafalan Al-Quran.
Dalam kegiatannya, guru-guru hanya membimbing, siswa diberikan kebebasan cara menghafal sesuai dengan keinginan mereka. Target hafalan adalah untuk kelas 10 juz 30, kelas 11 juz 29 dan kelas 12 bebas. Sehingga saat mereka keluar dari MAS Miftahul Anwar, minimal mereka sudah memiliki hafalan sebanyak 3 juz. Namun dalam kenyataannya banyak siswa yang hafalannya melejit hingga 6 juz, 10 juz, 20 juz bahkan ada yang sampai 30 juz. Ini merupakan pencapaian luar biasa.
Tempat yang kami gunakan untuk kegiatan mukhoyam ini adalah di sebuah villa yang tidak jauh dari sekolah kami. Kegiatannya berlangsung selama tiga hari. Hal ini kami lakukan untuk membentuk siswa-siswi yang berakhlakul karimah, yang berilmu, yang soleh dan memiliki kemampuan dalam bermasyarakat dan berwirausaha.
Ternyata saat saya mendengar kegiatan webinar pada Kamis, 10 Februari 2022 Pukul 19.30 Wib dengan moderator Mr Bams dan narasumber Bapak Dr Fahruddin Faiz, S.Ag, M.Ag dan Ir Budi Rahardjo, M.Sc. Ph,D dengan Judul Filosofi Pendidikan Ahmad Dahlan Dalam Persfektif Peradaban Digital di dalamnya mengajarkan hal yang sama.
https://guruuningabersamabulieze.blogspot.com/2022/02/filosofi-pendidikan-ahmad-dahlan-dalam.html
Ada pesan moral yang utama dalam webinar ini
- kyai yang soleh hubungannya dengan karakter,
- kemajuan hubungannya dengan alim/ilmu berhubungan dengan profesionalitas keilmuannya dan
- amil adalah pekerja, bagaimana ilmu bisa kita terapkan membawa kontribusi positif kemaslahatan dalam kehidupan sehari-hari.
- dalam membentuk karakter, kami berusaha menciptakan siswa-siswi yang soleh dengan mempelajari ilmu agama
- berhubungan dengan ilmu, kami bisa mmbuktikan jika siswa siswi kami bisa menjadi juara tingkat kabupaten, provinsi, nasional dan beberapa siswa kami bisa masuk ke perguruan tinggi ITB, UNPAD,UIN IPI,UPI dll, walaupun sekolah kami swasta, berada di pelosok dan sarana serta prasarana kamipun sangat terbatas akan tetapi semangat juang, siswa siswi kami luar biasa
- Siswa dan siswi kami belajar untuk bisa bermasyarakat mengamalkan ilmunya baik ilmu agama, maupun ilmu pendidikan lainnya.
itulah kegiatan yang dilaksanakan di sekolah kami. Kami berusaha memfasilitasi siswa dalam mengembangkan bakatnya sesuai dengan kemampuan dan hobynya, sebagai perwujudan sekolah merdeka. Merdeka belajar mendukung banyak inovasi dalam dunia pendidikan, terutama kemajuan berbagai lembaga pendidikan termasuk sekolah ataupun madrasah, dengan membentuk pula kompetensi guru.
Guru MAS Miftahul Anwar dalam mengajar tahu akan kebutuhan murid-muridnya sesuai lingkungan dan budaya siswa tersebut.
Mengingat Indonesia memiliki banyak suku, adat istiadat dan budaya, tata Krama dan etika pada suatu daerah tentunya berbeda. Justru perbedaan yang ada membuat kita saling kenal mengenal, dan menjadi bangsa makmur dengan menghargai perbedaan yang ada, gotong royong yang sudah menjadi warisan terpuji leluhur secara turun-temurun. Nilai pancasila dan yang tertuang dalam Bhinneka Tunggal Ika dari kitab kakawin Sutasoma wajib menjadi nilai yang dipegang bersama oleh seluruh masyarakat Indonesia termasuk para pelajar kami di MAS Miftahul Anwar.
Hal ini berhubungan dengan fungsi dan peran guru dibawah ini :
1. Mengajar Peserta Didik
Seorang guru bertanggungjawab untuk mengajarkan suatu ilmu pengetahuan kepada para murid. Dalam hal ini, fokus utama kegiatan mengajar adalah dalam hal intelektual sehingga para murid mengetahui tentang materi dari suatu disiplin ilmu.
2. Mendidik Para Murid
Mendidik murid merupakan hal yang berbeda dengan mengajarkan suatu ilmu pengetahuan. Dalam hal ini, kegiatan mendidik adalah bertujuan untuk mengubah tingkah laku murid menjadi lebih baik.
Proses mendidik murid merupakan hal yang lebih sulit untuk dilakukan ketimbang mengajarkan suatu ilmu pengetahuan. Selain itu, seorang guru harus dapat menjadi teladan yang baik bagi murid-muridnya sehingga para murid dapat memiliki karakter yang baik sesuai norma dan nilai yang berlaku di masyarakat.
3. Melatih Peserta Didik
Seorang guru juga memiliki tugas untuk melatih para muridnya agar memiliki keterampilan dan kecakapan dasar. Bila di sekolah umum para guru melatih murid tentang keterampilan dan kecakapan dasar, maka di sekolah kejuruan para guru memberikan keterampilan dan kecakapan lanjutan.
4. Membimbing dan Mengarahkan
Para peserta didik mungkin saja mengalami kebingungan atau keraguan dalam proses belajar-mengajar. Seorang guru bertanggungjawab untuk membimbing dan mengarahkan anak didiknya agar tetap berada pada jalur yang tepat, dalam hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan.
5. Memberikan Dorongan Pada Murid
Poin terakhir dari tugas seorang guru adalah untuk memberikan dorongan kepada para muridnya agar berusaha keras untuk lebih maju. Bentuk dorongan yang diberikan seorang guru kepada muridnya bisa dengan berbagai cara, misalnya memberikan hadiah.
Peran Guru dalam Pendidikan
Guru memiliki peran penting dalam pendidikan
Setelah memahami apa saja fungsi seorang guru, maka kita akan mengerti apa saja peran guru bagi para muridnya. Adapun peran guru adalah sebagai berikut;
- Pengajar, yaitu orang yang mengajarkan suatu ilmu pengetahuan kepada para anak didiknya.
- Pendidik, yaitu orang yang mendidikan muridnya agar memiliki tingkah laku yang sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
- Pembimbing, yaitu orang yang mengarahkan muridnya agar tetap berada pada jalur yang tepat sesuai tujuan pendidikan.
- Motivator, yaitu orang yang memberikan motivasi dan semangat kepada muridnya dalam belajar.
- Teladan, yaitu orang yang memberikan contoh dan teladan yang baik kepada murid-muridnya.
- Administrator, orang yang mencatat perkembangan para muridnya.
- Evaluator, orang yang melakukan evaluasi terhadap proses belajar anak didiknya.
- Inspirator, orang yang menginspirasi para muridnya sehingga memiliki suatu tujuan di masa depan, dll
Daftar Pustaka :
Literasi : https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-guru.html
web|url=https://ditsmp.kemdikbud.go.id/menerima-perbedaan-dan-menghargai-keragaman-melalui-toleransi/
Istimewa.. Barokallaah..
BalasHapusWah...hebatbu keren
BalasHapusKeren bu 👍, pengen bisa seperti ibu
BalasHapusSubhanallah....mantap ibu...semoga semua anak-anak ibu kelak jadi Hafiz dan Hafidzah ya Bun...semoga guru2 nya juga Istiqomah trs menerus dalam membimbing hafalannya anak-anak. Agar kelak jadi ilmu yang bermanfaat dan menuai pahala di syurganya Allah aamiin ya rabbal'alamiin.
BalasHapusProgramnya bagus, saya mau usul daftar pustaka sebaiknya mencantumkan buku atau jurnal agar karya ilmiah lebih objektif dan rasional. terimakasih banyak ilmunya, informasinya, wawasan saya semakin bertambah,
BalasHapusKeren Bu, semoga menjadi siswa yang Amil , berkarya di masyarakat
BalasHapusTulisan yang diikuti fakta berupa gambar-gambar, sungguh sangat kuat. Kegiatannya mantul.. saya jadi terinspirasi👍🏻💗
BalasHapusLuar biasa, cantik aku suka, saya sudah kunjung buu
BalasHapusbarakallah ibu, program yang sangat cantik sekali ibu
BalasHapusMantap bun....👍
BalasHapus