Nama : Lilis Ernawati
Pembelajaran public speaking malam ini adalah Guru Manusia di Masa Pandemi dengan narasumber Bapak Munif, pasti asyik nih. Karena saya beberapa kali pernah ikut webinarnya. Berikut adalah profil beliau.
1. Masalah Akademis 20%. Mengapa? karena semua dapat dicari lewat gadget, jadi mereka tidak mengkhawatirkannya.
2. Masalah Non Akademis 80%, meliputi :
- Adiktif gadget
- Adiktif Pornografi
- Abuse : pelecehan
- .Anti sosial : tidak mau gaul
Ciri-ciri The Inspired teacher adalah :
1. Kita harus berperan sebagai orangtua yang memberi nasehat
2. Guru yang memiliki pengetahuan lebih
3. Sahabat yang mau diajak berbagi
Kalau tidak bisa seperti begitu, maka kita bisa tergantikan oleh robot bahkan hologram yang bisa dibuat di tiap kelas atau bahkan bisa berperan di tiap negara dengan satu guru namun memiliki bahasa yang berbeda-beda.
Dijaman yang serba e-learning ini, kita harus memiliki sikap berikut ini.
1. Sikap Guru Teladan
jika guru keras maka siswa akan menjauh. anak-anak saat ini jika gurunya keras maka anak-anaknya akan malas dekat dengan gurunya. Mereka tidak suka dengan berbagai aturan yang penuh kekerasan. Namun jika guru tegas maka siswa akan mendekat karena mereka merasa lebih nyaman dan sesuai dengan apa yang mereka inginkan
2. Guru yang menganggap semua anak adalah bintang
karena saat kita tak memandang mereka mempunyai kelebihan, maka kita akan ditinggalkan. Maka seorang guru harus menggali kecerdasan dan bakat terpendam dengan multiple intelehences Research. Fokus kekelebihan jangan bangun penghalang (discovering ability)
3. Kemampuan itu seluas samudera
- psiko afektif meliputi perasaan dan emosi. Ada empat karakteristik afektif yang penting dalam pembelajaran adalah: (1) minat, 2) sikap, 3) konsep diri, dan 4) nilai
- psiko motorik adalah keberanian tampil yang dinanti-nanti.ranah yang berkaitan dengan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu
- psiko kognitif adalah kemampuan pengetahuan
Jika bisa saat pembagian raport jadi waktu untuk pameran karya siswa jangan hanya membanggakan nilai raport saja. sehingga ada kebanggaan hasil kerja /hasil penelitian yang dilakukan.
4.Setiap anak cerdas dengan multiple intelligence
Re-definisi kecerdasan : kebiasaan, perilaku yang diulang-ulang
- Creative ialah menciptakan sesuatu yang berbeda dari yang lain, atau menghubungkan hal-hal yang tadinya tidak berhubungan. Menurut Shadiq (2010), kreatif adalah gagasan terhadap konsep dan rencana untuk kemajuan, gagasan ini dibutuhkan dalam pemikiran dan juga hasil karya seseorang di dalam memecahkan masalah-masalah sosial yang sedang berkembang.
- Problem solving adalah sebuah kemampuan untuk mencari solusi atas segala halangan dari tujuanmu.
- Kecerdasan itu tidak bisa dinilai dengan angka-angka tapi harus dengan kreatifitas
- saat pemberian stimulus itu tetap maka akan memunculkan kompetensi anak kita. Jadi sebenarnya yang membuat anak tepat kompetensinya jika kita memberikan stimulus yang tepat.
- 8 kecerdasan multiple intelligences
- Linguistik (bahasa)
- Mathematic logis (Matematika)
- Spesial visual)
- Special visual (angka dan logika)
- Musical (musik)
- Kinestetis (bergerak)
- Interpersonal (bergaul)
- Naturalis (alam)
- kondisi fisik misalnya autis, pasti memiliki kelebihan
- kondisi otak tidak bisa diwakili oleh hasil ulangan. karena otak terdiri dari komponen inti dan stimulus yang tepat yang menghasilkan kompetensi anak
- hasil tes standar. Terkait dengan hal berikut :
- Stimulus tepat
- Kreativitas
- Problem solving
- Medium teacher
- Good teacher
- excelence teacher
- inspiring teacher (gurunya manusia)
Tanya Jawab.
1. Bapak Muhammad Salimi
Pertanyaan :
- Bagaimana kita menggali kemampuan anak, sedangkan kegiatan yang kita lakukan adalah kegiatan skill. Misalnya seorang guru ngaji yang hanya menggali skill khusus tidak skill yang lainnya.
- Maka yang harus kita lakukan adalah mengangkat kelebihannya dulu, gencarkanlah yang kuatnya dulu, inshaallah yang lemah akan mengikuti. Jadi nomor satunya kita mulai dari kelebihan-kelebihannya yang diangkat.
Pertanyaannya
- Bagaimana menghadapi karakter yang salah kaprah karena teknologi?
- Bagaimana cara mengubah karakter siswa yang sama dengan orangtuanya?
- Solusinya dari anak kita, agar anak kita belajar menyaring keterampilan literasi digital, jangan sampai anak memiliki perpustakaan pornografi di otaknya.
- Jadi orangtua sekarang hingga tahun 2030 ini akan sulit membentuk karakter siswa karena orangtua saat ini memang kadang kurang menanamkan karakter terhadap anak kita. Oleh karena itu kita harus menyamakan persepsi paradigma guru dan orangtua dalam membentuk karakter siswa. Makanya perlunya kegiatan parenting dan lain-lain di sekolah agar orangtua tidak salah memahami cara pembentukan karakter siswa. Jadi saat kita menerima murid 50 orang di tahun ajaran baru, maka sebenarnya kita menerima 150 karakter karena ditambah orangtua siswa kita
3. Ibu I.S Agustiany Agoestin
Pertanyaannya:
- Apakah guru perlu pembentukan karakter juga, karena guru juga ada yang like dan dislike
- Perlu agar setiap guru mampu mengembangkan dirinya
4. Ibu Umi Agus Farida
Pertanyaannya:
- Bagaimana pembelajaran digital di daerah terpencil yang sulit mengerti pentingnya pembelajaran teknologi?
- Sebenarnya memang jaringan kuota segala macam adalah tanggungjawab pemerintah dan gawai menjadi tanggung jawab sekolah dan orangtua dan penguasaan digital dari gurunya
5. Ibu Maf Ula
Pertanyaannya :
- Anak belum bisa membaca sedangkan sebentar lagi masuk SD bagaimana mengatasinya?
- Munculkan dulu kelebihannya, kekurangannya nanti dipelajari sambil berjalan
6. Ibu Munawaroh
Pertanyaannya :
- Bagaimana jika gurunya sudah profesional tapi masih dibuli orangtua?
- Orangtuanya yang harus diberi pengajaran karakter
7. Ibu Tutik Haryani TK Karang Tengah
Pertanyaannya :
- Bagaimana cara mengatasi anak SMP yang kecanduan gadget untuk games?
- Berikan pengetahuan tentang literasi digital sehingga anak mengerti mana yang sesuai dengan dirinya dan mana yang tidak jangan sampai otak anak dijejali dengan menu-menu pornografi
Terimakasih tips untuk mengatasi siswa yang kecanduan gadget
BalasHapusResume nya sangat bermanfaat.
BalasHapusSemoga kita bisa menjadi guru manusia yang dapat menjadi inspirasi bagi semua🙏
BalasHapusPaparannya begitu runtut dan rapi. Mantap. 👍👍
BalasHapuslengkap sekali resumenya
BalasHapuslengkap betul bu
BalasHapus